Evakuasi Bangkai Mikrobus dari Rel Paskakecelakaan, Perjalanan KA Kembali Normal

Senin, 20 November 2023 – 12:47 WIB
Evakuasi Bangkai Mikrobus dari Rel Paskakecelakaan, Perjalanan KA Kembali Normal - JPNN.com Jatim
Petugas mengevakuasi mini bus yang rusak akibat tertabrak KA Probowangi agar menjauh dari lokasi rel kereta di Desa Ranupakis, Kabupaten Lumajang, Minggu (19/11) malam. ANTARA/HO-Humas KAI Daop 9 Jember

jatim.jpnn.com, LUMAJANG - Petugas mengevakuasi bangkai mikrobus Isuzu Elf berpelat nomor N 7674 T yang tertabrak KA Probowangi menjauh dari rel kereta api pascakecelakaan yang menewaskan sebelas orang.

"Alhamdulillah bangkai mikrobus berhasil dievakuasi menjauh dari rel kereta," ujar Plh Manajer Hukum dan Humas PT KAI Daop 9 Jember Anwar Yuli Prastyo, Senin (20/11) dini hari.

Selain sebelas orang meninggal, empat orang dilaporkan mengalami luka berat dalam kecelakaan di perlintasan kereta api tidak terjaga di Desa Ranupakis, Kecamatan Klakah, Kabupaten Lumajang itu.

"Jarak mobil dengan rel kereta usai insiden tersebut sekitar dua meter. Namun, petugas tetap menjauhkan bangkai mikrobus agar tidak mengganggu perjalanan kereta api karena banyak warga berkerumun," katanya.

Anwar mengatakan perjalanan beberapa kereta api di lokasi kejadian seusai kecelakaan tetap berjalan normal. Namun, kecepatannya dikurangi karena banyaknya warga di lokasi kejadian.

"Tidak ada perjalanan KA yang terganggu akibat kecelakaan itu. Namun, KA Probowangi mengalami keterlambatan 13 menit tiba di sejumlah stasiun tujuan menuju Stasiun Gubeng Surabaya," ucapnya.

Dia mengimbau masyarakat berhati-hati saat akan melintasi perlintasan sebidang terutama perlintasan tidak terjaga atau tanpa palang pintu dan disiplin mematuhi rambu-rambu.

"Pastikan jalur yang akan dilalui sudah aman, tengok kanan dan kiri, serta patuhi rambu-rambu yang ada sebelum melintas rel kereta api agar kecelakaan di Lumajang tidak terulang kembali," tuturnya.

Imbas kecelakaan KA Probowangi tabrak mikrobus di Lumajang membuat perjalanan KA terlambat selama 13 menit.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News