Siswa SMK Terpilih di Jatim Jalani Uji Kompetensi Tata Boga, Lulus Buka Usaha Kue

Jumat, 17 November 2023 – 19:55 WIB
Siswa SMK Terpilih di Jatim Jalani Uji Kompetensi Tata Boga, Lulus Buka Usaha Kue - JPNN.com Jatim
Siswa SMK yang menjalani uji kompetensi keahlian Tata Boga di UPT PTKK Surabaya. Foto: Arry Saputra/JPNN

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Kompetensi keahlian Tata Boga menggelar uji kompetensi berstandar nasional level 3 untuk pertama kalinya pada Kamis (16/11). Ujian tersebut diikuti 15 siswa SMK dari berbagai daerah.

Adapun materi yang diujikan kepada siswa terkait pastry dan bakery secara tertulis serta praktik. Siswa harus mendapatkan nilai minimal 80 poin untuk praktik dan 76 poin teori.

Penguji Tata Boga dari Lembaga Sertifikasi Profesi (LSK) Siti Nurul Aini mengatakan para siswa diberi waktu selama tiga jam untuk menyelesaikan empat item pastry dan bakery.

“Siswa membuat empat item berupa donat, roti tawar dan turunannya, roti manis, croissant atau danish. Mereka bebas mengkreasikannya, seperti donat dibentuk sate atau diberi topping,” ujar Siti.

Menurutnya, peralatan membuat kue cukup terbatas. Namun, hal itu tak menghalangi siswa mengerjakan ujiannya dengan membentuk kelompok untuk mempersingkat waktu pengerjaan.

“Jadi, kami minta mereka membuat adonan bersama-sama, tetapi setelah mereka akan membagi adonan sesuai yang dibutuhkan, yang terpenting bagaimana mereka membentuk atau berkreasi dari kue yang mereka buat hingga menyajikannya,” katanya.

Dosen Akademi Pariwisata Majapahit Kabupaten Mojokerto itu menyebut dari empat item jenis kue yang diujikan, pembuatan croissant dirasa menjadi tantangan bagi siswa.

Sebab, butuh kejelian dan ketelatenan dalam pembuatan kue asal Prancis ini karena butuh teknik yang detail.

Belasan siswa SMK yang menjalani uji kompetensi keahlian tata boga setelah lulus bisa langsung buka usaha kue.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News