Pengamat Minta Indonesia Lebih Tegas Atas Agresi Israel Terhadap Palestina

Selasa, 14 November 2023 – 17:22 WIB
Pengamat Minta Indonesia Lebih Tegas Atas Agresi Israel Terhadap Palestina - JPNN.com Jatim
Asap mengepul menyusul serangan Israel di Gaza, Palestina, pada 9 Oktober 2023. Foto: Reuters/Mohammed Salem

jatim.jpnn.com, JEMBER - Pemerintah Indonesia diharapkan bisa lebih tegas secara politik untuk mendukung perjuangan rakyat Palestina di jalur Gaza.

Pengamat hubungan internasional FISIP Universitas Jember (Unej) Dr. Muhammad Iqbal menilai memang intensitas tinggi atas diplomasi Indonesia memang cukup asertif dengan mengecam kebrutalan Israel yang menewaskan puluhan ribu warga sipil.

Namun, lanjut dia, langkah diplomatik itu tidaklah cukup karena sangat diperlukan langkah tegas secara politik dan Indonesia masih bisa memainkan peran sentral untuk merevitalisasi solusi dua negara.

Mungkin dengan intensif mengutus tokoh politik atau diplomat ulung ke Israel dan Palestina yang benar-benar menguasai medan politik domestik dua negara.

Dia mengharapkan delegasi itu bisa sangat asertif dan persuasif menggugah munculnya negarawan Israel dan Palestina, baik dari faksi Hamas dan Fatah guna berunding menyepakati hak dan kewajiban dua negara secara berkeadilan.

"Langkah lainnya bisa Indonesia tempuh dengan cara ikut menggalang gugatan bersama banyak negara atas kebrutalan Israel hingga sanksi sebagai penjahat perang karena serangan balasan Israel sejak 7 Oktober 2023 terbukti sudah melanggar International Humanitarian Law dan kodifikasi Konvensi Jenewa," tuturnya, Selasa (14/11).

Selain itu, lanjut dia, pemerintah juga bisa mengeluarkan nota divestasi dan boikot atau pembatalan resmi atas belanja alutsista serta berbagai barang dalam volume perdagangan dari Israel.

"Indonesia sudah saatnya gencar memaksimalkan posisi sebagai anggota Dewan HAM PBB dari Kelompok Asia Pasifik bersama Jepang, RRT, dan Kuwait," ujarnya.

Menyinggung agresi Israel terhadap Palestina, Indonesia dinilai saatnya gencar memaksimalkan posisi sebagai anggota Dewan HAM PBB.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News