Seleksi CPNS Kemenkumham Diwarnai Klenik, Peserta Bawa Jimat Hingga Bunga Kantil

Senin, 13 November 2023 – 11:06 WIB
Seleksi CPNS Kemenkumham Diwarnai Klenik, Peserta Bawa Jimat Hingga Bunga Kantil  - JPNN.com Jatim
Jimat yang dibawa peserta seleksi CPNS Kemenkumham Jatim saat disita petugas. Foto: Humas Kemenkumham Jatim.

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Seleksi Kompetensi Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil (SKD CPNS) Kemenkumham di Jatim diwarnai hal-hal klenik. Panitia menjumpai banyak peserta yang membawa berbagai macam jimat dalam tes yang berlangsung di Politeknik Pelayaran Surabaya itu.

Kadiv Administrasi sekaligus Ketua Panitia Daerah Jatim Seleksi CPNS Kemenkumham 2023 Saefur Rochim mengatakan panitia menemukan beragam jimat saat melakukan penggeledahan badan.

"Setiap peserta yang mengikuti ujian akan digeledah saat hendak memasuki ruang ujian. Saat itulah ditemukan banyak jimat yang dibawa mereka," ujar Rochim, Minggu (12/11).

Barang-barang yang ditemukan seperti jimat jenis rajah, gulungan kertas yang ditulis huruf tertentu, garam, hingga bunga kantil yang dibungkus kain putih.

Seleksi CPNS Kemenkumham Diwarnai Klenik, Peserta Bawa Jimat Hingga Bunga Kantil

Jimat yang dibawa peserta seleksi CPNS Kemenkumham Jatim saat disita petugas. Foto: Humas Kemenkumham Jatim.

Untuk mengantisipasi dibawanya barang-barang tersebut ke area tes, petugas memperketat penggeledahan, mulai pakaian, celana, hingga ikat pinggang.

"Setelah dinyatakan steril dan tidak membawa apa pun, selain kartu ujian dan kartu identitas barulah peserta dipersilakan ke tahap berikutnya yaitu mendapatkan pin sebelum masuk ruang ujian," katanya.

Peserta seleksi CPNS Kemenkumham Jatim banyak yang membawa jimat hingga kembang kantil.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News