Shopee Barokah Gandeng PBNU Siapkan Program Ekspor Untuk 1.000 Santri

Senin, 23 Oktober 2023 – 16:35 WIB
Shopee Barokah Gandeng PBNU Siapkan Program Ekspor Untuk 1.000 Santri - JPNN.com Jatim
Penjual Ekspor Shopee, Agung (kanan), Pemilik Toko Ummababyshop, bercerita tentang pengalaman ekspor mudah melalui Shopee kepada (ki-ka): Sekertaris Jenderal PBNU, Gus Saifullah Yusuf, Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, Ulama kenamaan, Habib Syech bin Abdul Qodir Assegaf dan Menpan RB, Abdullah Azwar Anas. Dok. Shopee Indonesia

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Platform pendukung gaya hidup Islam milik Shopee, yakni Shopee Barokah menghadirkan program Santri Siap Ekspor Bersama Shopee bekerja sama dengan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Minggu (22/10).

Program tersebut diluncurkan pada perayaan Hari Santri Nasional 2023 di Surabaya. Sebanyak 1.000 santri akan dilatih agar punya daya saing global melalui edukasi, pendampingan, dan pembukaan akses ke pasar ekspor.

Presiden Jokowi dalam pidatonya di Peringatan Hari Santri Nasional mengatakan santri sebagai pilar kekuatan bangsa dan negara, Dia juga mengenang perjalanan sejarah para santri untuk kepentingan bangsa, negara, dan umat.

"Sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia, kita memiliki lebih dari 36 ribu pesantren. Sebuah kekuatan besar penentu masa depan bangsa, kemajuan bangsa, dan cita-cita bangsa," kata Jokowi.

Sementara itu, Ketua Umum PBNU Yahya Cholil Staquf mengapresiasi upaya perusahaan tersebut memperluas pasar produk karya para santri hingga ke pasar dunia.

“Ini merupakan terobosan besar, di mana produk para santri bukan hanya bisa dibeli masyarakat Indonesia, tetapi juga warga dunia lain. Program ini selaras dengan semangat Jihad Santri Jayakan Negeri," ujarnya.

Dia berharap semua santri bisa termotivasi untuk berkembang dan membangun negeri melalui produk lokal, menyusul UMKM yang terlebih dahulu mengglobal.

"Kami berharap kegiatan ini memiliki efek berkelanjutan, di mana santri yang sudah dididik menjadi santripreneur bisa membawa pengaruh positif bagi lingkungan pesantren untuk kemudian berkembang menjadi salah satu pusat ekonomi masyarakat,” tuturnya.

Program Shopee Barokah akan membantu mengekspor produk 1.000 santri ke luar negeri.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News