Gus Fawait Maknai Hari Santri Untuk Hargai Peran Santri dalam Sejarah Indonesia

Sabtu, 21 Oktober 2023 – 23:45 WIB
Gus Fawait Maknai Hari Santri Untuk Hargai Peran Santri dalam Sejarah Indonesia - JPNN.com Jatim
Ketua Fraksi Gerindra DPRD Jatim Muhammad Fawait. Foto: Dok. Pribadi untuk JPNN.

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Perayaan Hari Santri Nasional 2023 sebagai bentuk menghargai peran para santri dalam sejarah negara Indonesia. Acara tersebut resmi diperingati sejak era Presiden Jokowi.

Ketua Fraksi Gerindra DPRD Jatim Muhammad Fawait mengatakan momentum ini menjadi penting untuk menghargai peran besar santri dalam sejarah Indonesia.

“Para santri punya peran penting tidak hanya merebut, tetapi mempertahankan kemerdekaan. Dalam buku sejarah bangsa Indonesia tercatat ulama, kiai, dan santri aktif dalam perjuangan kemerdekaan,” kata Gus Fawait tertulis, Sabtu (21/10).

Menurutnya, banyak pahlawan nasional berasal dari pesantren untuk merebut kemerdekaan dipimpin tokoh agama dan ulama.

Presiden Laskar Sholawat Nusantara (LSN) itu memberikan contoh saat pertempuran 10 November di Surabaya. Dalam peristiwa itu, para ulama mengeluarkan resolusi jihad.

"Ini menunjukkan peran konkret santri dalam perjuangan kemerdekaan," ujarnya.

Selain itu, santri juga berkontribusi dalam merumuskan ideologi bangsa Indonesia, seperti Pancasila dan semangat Bhinneka Tunggal Ika. 

Kesatuan bangsa ini, kata dia, menjadi dasar dan menjaga eksistensi Indonesia di tengah keragaman suku, bahasa, latar belakang, warna kulit, dan kebudayaan.

Peringatan Hari Santri Nasional 2023 menjadi momentum untuk menghargai peran besar santri dalam sejarah Indonesia.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News