Terinspirasi Perjuangan Sang Ibu, Mahasiswa Ubaya Buat Ratusan Kupu-Kupu Kertas

Rabu, 18 Oktober 2023 – 18:25 WIB
Terinspirasi Perjuangan Sang Ibu, Mahasiswa Ubaya Buat Ratusan Kupu-Kupu Kertas - JPNN.com Jatim
Mahasiswa Ubaya memperingati Bulan Kesadaran Kanker Payudara dengan membuat ratusan kupu-kupu kertas yang dikolase di sebuah papan besar. Foto: Humas Ubaya.

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Surabaya (Ubaya) Sabrina Putri Anjani membuat ratusan kupu-kupu kertas sebagai simbolis peringatan Bulan Kesadaran Kanker Payudara, Rabu (18/10).

Sekitar 250 kupu-kupu kertas yang dibuat Sabrina ditempel pada papan berukuran 5x4 meter. Kupu-kupu tersebut dikolase membentuk sebuah pink ribbon yang merupakan simbol dari kanker payudara. 

Hal tersebut dia lakukan terinspirasi dari kisah ibunya yang berjuang melawan kanker. Sabrina berperan sebagai support system selama orang tuanya menderita penyakit tersebut.

“Operasi pengangkatan payudara membuat bentuk tubuh berubah. Hal itu mendorong saya membuat karya ini, memberikan motivasi kepada pejuang kanker. Mereka bisa melalui ini semua dan perubahan tidak mengurangi harga diri sebagai perempuan seutuhnya,” ujar Sabrina.

Pesan yang ingin disampaikan Sabria tergambarkan dalam pemakaian kupu-kupu kertas yang melambangkan perjalanan penuh perjuangan hingga mencapai tujuan yang indah.

Mahasiswa yang tergabung dalam BEM juga turut mengampanyekan hal tersebut, seperti yang dilakukan Sandrina Vania, Vera Widianti Puspita, Jecrista Elamelia, Stella Paula, dan Lidia Kinanti.

Mereka membagikan kerajinan kertas berbentuk wanita yang pada bagian tubuhnya terdapat tulisan ‘Early detection for protection’.

Sandrina mengatakan dirinya dan teman-temannya ingin mengajak para mahasiswa mencegah peningkatan kanker payudara dengan melakukan deteksi dini.

Mahasiswa Ubaya membuat ratusan kupu-kupu kertas untuk mengkampanyekan deteksi dini kanker payudara.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News