Jurus Penanganan Stunting Kota Surabaya Bakal Ditiru Kemenko PMK Secara Nasional

Rabu, 18 Oktober 2023 – 17:01 WIB
Jurus Penanganan Stunting Kota Surabaya Bakal Ditiru Kemenko PMK Secara Nasional - JPNN.com Jatim
Staf Ahli Bidang Pembangunan Berkelanjutan Kemenko PMK Agus Suprapto bertemu Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi. Foto: Diskominfo Surabaya

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemenko PMK) bakal meniru penanganan stunting Pemkot Surabaya.

Hal ini disampaikan oleh Staf Ahli Bidang Pembangunan Berkelanjutan Kemenko PMK Agus Suprapto setelah kunjungan evaluasi terpadu pencapaian percepatan stunting yang digelar oleh pemerintah pusat, Selasa (17/10).

Dia menerangkan upaya penanganan stunting di Kota Surabaya telah sesuai dengan visi, dan misi, sekaligus cita-cita mewujudkan generasi emas pada 2045.

"Salah satu upaya Pemkot Surabaya yang bisa ditiru ialah pencegahan pernikahan dini. Hal tersebut dapat dicontoh oleh kota/kabupaten lain di seluruh Indonesia," ujar Agus.

Pihaknya berharap berbagai upaya dan program yang diterapkan oleh Pemkot Surabaya dalam mengatasi stunting juga bisa diterapkan oleh pemerintah pusat.

"Semoga bisa dijadikan pembelajaran dan kebijakan lebih lanjut agar program nasional penanganan stunting bisa tercapai,” tutur Agus.

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mengutarakan penanganan stunting harus dimulai dari hulu ke hilir agar cepat terselesaikan. Salah satunya, mencegah terjadinya pernikahan dini.

Tentu, lanjut dia, harus ada keberanian dari pemkot bersama Kemenag dan Pengadilan Agama (PA) Kota Surabaya.

Kemenko PMK bakal mengadopsi cara Pemkot Surabaya menekan angka stunting di Kota Pahlawan, dari hulu ke hilir.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News