Legislator Usulkan Sedekah Bumi Jadi Agenda Wisata Khas Surabaya

Senin, 16 Oktober 2023 – 13:08 WIB
Legislator Usulkan Sedekah Bumi Jadi Agenda Wisata Khas Surabaya - JPNN.com Jatim
Sejumlah warga mengikuti sedekah bumi di RW 04 Kelurahan/Kecamatan Sambikerep, Surabaya, Kota Surabaya, Minggu (15/10). (ANTARA/HO-DPRD Surabaya)

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Kearifan lokal berupa tradisi sedekah bumi yang rutin digelar setiap tahun di sejumlah kelurahan masuk dalam agenda wisata khas Surabaya.

Hal tersebut disampaikan anggota Komisi A DPRD Surabaya Josiah Micahel saat menghadiri sedekah bumi di RW 04 Kelurahan/Kecamatan Sambikerep, Surabaya, Minggu (15/10).

"Harus ada dukungan penuh dari pemerintah kota agar sedekah bumi bisa dimasukkan wisata khas Surabaya. Kalau perlu semua biaya ditanggung pemerintah kota," kata Josiah.

Menurutnya, acara yang digelar rutin setiap tahun ini merupakan tradisi yang dilakukan dan diwariskan secara turun temurun.

Arak-arakan ancak dan kesenian tradisional yang digelar oleh 12 RT di wilayah RW 04 Sambikerep ikut meramaikan acara sedekah bumi tahun ini.

Setiap RT menampilkan kreasi ancak yang beraneka ragam, antara lain berbentuk kereta kencana dengan tema Mahabarata, ada juga yang berbentuk naga, burung hantu, bahkan pesawat tempur. Kreativitas warga benar-benar diperagakan dalam acara ini.

"Warga begitu antusias dalam menyambut acara tersebut," ujarnya.

Menurutnya, cukup menarik dan unik apabila kota besar dan metropolitan seperti Surabaya masih ada kegiatan yang juga warisan budaya.

Legislator mengusulkan tradisi sedekah bumi masuk dalam agenda wisata khas Surabaya.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News