Kemenhub Berminat Gandeng ITS di Bidang Pengembangan SDM Sektor Transportasi

Minggu, 08 Oktober 2023 – 15:28 WIB
Kemenhub Berminat Gandeng  ITS di Bidang Pengembangan SDM Sektor Transportasi - JPNN.com Jatim
Menhub Budi Karya Sumadi (tengah) menyaksikan penandatangan kerja sama pengembangan SDM di sektor perhubungan antara Kemenhub dan ITS di Surabaya, Sabtu (7/10/2023). ANTARA/HO-BKIP Kemenhub

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI dan ITS Surabaya menjalin kerja sama di bidang pengembangan SDM sektor transportasi.

Menhub Budi Karya Sumadi mengharapkan dampak dari berbagai penelitian yang dilakukan dapat langsung dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

"Apa yang kami teliti harus mampu dibuat nyata sehingga memberikan manfaat langsung kepada masyarakat," kata Menhub dalam keterangannya, Minggu (8/10).

Kerja sama itu ditandai dengan penandatanganan Letter of Intent (LoI) oleh Plt. Kepala Badan Pengembangan SDM (BPSDM) Perhubungan Wisnu Handoko dan Wakil Rektor ITS Bambang Pramujati yang disaksikan langsung oleh Menhub di Surabaya, Sabtu (7/10).

Ruang lingkup kerja sama tersebut meliputi bidang pendidikan, penelitian, pengabdian masyarakat, pengembangan, dan pemanfaatan SDM serta beberapa bidang lainnya.

Menhub menyebut salah satu contoh hasil inovasi dan penelitian karya anak bangsa yang bermanfaat, yaitu motor listrik Gesits.

Gesits merupakan kendaraan listrik berbasis baterai buatan Indonesia yang ramah lingkungan dan mudah dioperasikan. Produk tersebut telah dipasarkan dan diproduksi massal.

Menhub meminta perguruan tinggi dapat melibatkan pihak industri sejak awal dalam melakukan penelitian sehingga produk-produk yang dihasilkan dapat segera diproduksi secara massal.

Menhub meminta perguruan tinggi dapat melibatkan pihak industri sejak awal dalam melakukan penelitian seperti yang dilakukan ITS.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News