Trenggalek Dilanda Kekeringan, Ratusan Narapidana Salat Istisqa Minta Hujan Turun

Sabtu, 30 September 2023 – 18:12 WIB
Trenggalek Dilanda Kekeringan, Ratusan Narapidana Salat Istisqa Minta Hujan Turun - JPNN.com Jatim
Ratusan warga binaan mengikuti rangkaian kegiatan shalat Istisqwa, sebuah ritual meminta hujan dalam tradisi Islam, di halaman masjid Rutan Klas IIB Trenggalek, Jatim, Sabtu (30/9) (FOTO ANTARA/HO - Khamim)

jatim.jpnn.com, TRENGGALEK - Ratusan warga binaan, baik berstatus narapidana maupun tahanan titipan yang menghuni Rutan Kelas IIB Trenggalek mengikuti kegiatan salat Istisqa berjemaah sebagai ritual meminta hujan dalam tradisi Islam.

Kepala Rutan Kelas IIB Trenggalek I Kadek Dedy Wirawan mengatakan salat tersebut merupakan wujud kepedulian warga binaan dengan kondisi kemarau dan krisis air.

“Warga binaan peduli dengan kondisi kemarau dan krisis air bersih dampak kekeringan beberapa bulan terakhir,” ujar Dedy, Sabtu (30/9).

Ibadah itu dilakukan bersamaan dengan peringatan Hari Maulid Nabi Muhammad SAW dipimpin ustaz dari penyuluh agama Kantor Kementerian Agama Kabupaten Trenggalek bersama 570 warga binaan.

"Tujuannya tentu dengan kondisi cuaca yang saat ini kemarau kami memohon hujan, biar ada hujan di seputaran Trenggalek yang saat ini musim kemarau, mudah mudahan diberkahi hujan," katanya.

Seusai melangsungkan salat, warga binaan melanjutkan dengan membaca maulid barzanji.

Dia mengatakan dampak kekeringan juga berimbas hingga lingkungan Rutan. Ada enam dari delapan sumur di dalam Rutan Klas IIB Trenggalek saat ini mengering.

Kendati tidak sampai menimbulkan krisis air berlebihan, shalat Istisqa dilakukan sebagai bentuk simpati para warga binaan terhadap bencana kekeringan yang dirasakan masyarakat Trenggalek.

Sebanyak 570 narapidana di Lapas Kelas IIB Trenggalek melaksanakan salat istisqa meminta hujan turun.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News