UMSurabaya Kukuhkan Prof Aziz Jadi Guru Besar Bidang Ilmu Keperawatan

Sabtu, 30 September 2023 – 15:55 WIB
UMSurabaya Kukuhkan Prof Aziz Jadi Guru Besar Bidang Ilmu Keperawatan - JPNN.com Jatim
Prof Aziz Alimul Hidayat (kiri) saat dikukuhkan sebagai Guru Besar Ilmu Keperawatan oleh Rektor UMSurabaya Prof Sukadiono di kampus setempat, Sabtu (30/9). Foto: Arry Saputra/JPNN.

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Universitas Muhammadiyah Surabaya (UMSurabaya) mengukuhkan Prof Dr Abdul Aziz Alimul Hidayat, S.Kep.Ns.M.Kes sebagai Guru Besar Ilmu Keperawatan, Sabtu (30/9).

Dalam orasi ilmiahnya, Prof Aziz menyampaikan Transformasi Pendidikan Keperawatan di Era Society 5.0.

Dia menjelaskan pendidikan keperawatan sifatnya akademis dan profesional yang menghasilkan perawat atau profesi ners untuk memiliki kompetensi.

Kompetensi itu antara lain sebagai pemberi asuhan keperawatan, penyuluh, dan konselor bagi klien, pengelola pelayanan keperawatan, serta peneliti keperawatan.

Kemudian, pelaksana tugas berdasarkan pelimpahan wewenang untuk melakukan tindakan medis dan dalam rangka program pemerintah, baik sifatnya delegatif maupun mandate secara tertulis, dan sebagai pelaksana tugas dalam keadaan keterbatasan tertentu berdasarkan penugasan pemerintah.  

“Orientasi pendidikan keperawatan harus sejalan dengan perkembangan dan perubahan di berbagai aspek dalam pelayanan karena memberi konsekuensi perubahan dalam proses pendidikan keperawatan,” ujar Aziz.

Menurutnya, perubahan dalam pelayanan keperawatan di era Society 5.0 memfokuskan konteks manusia yang memungkinkan aktivitas menggunakan ilmu pengetahuan berbasis modern (AI, robot, IoT) agar hidup nyaman.

“Di era Society 5.0 internet tidak hanya digunakan sumber informasi, tetapi untuk menjalani kehidupan, termasuk menciptakan nilai baru melalui perkembangan teknologi,” katanya.

Prof Aziz Alimul Hidayat dikukuhkan sebagai guru besar bidang ilmu keperawatan UMSurabaya, ini yang dibahas.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News