Edukasi Pemilih Muda, Ribuan Mahasiswa UMSurabaya Diajak Main Game The President 

Senin, 18 September 2023 – 18:42 WIB
Edukasi Pemilih Muda, Ribuan Mahasiswa UMSurabaya Diajak Main Game The President  - JPNN.com Jatim
Mahasiswa baru UMSurabaya saat memainkan game The President untuk memberikan edukasi sebagai pemilih muda dalam Pemilu 2024. Foto: Arry Saputra/JPNN.

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Sebanyak 2014 mahasiswa baru Universitas Muhammadiyah Surabaya (UMSurabaya) bermain game The President. Game tersebut berisi edukasi kepada mahasiswa sebagai pemilih muda menjelang Pilpres 2024.

Game tersebut dimainkan serentak di halaman UMSurabaya saat pembukaan Mastama, Ordik, Expo (MOX), Senin (18/9).

Rektor UMSurabaya Sukadiono mengatakan edukasi sangat penting, mengingat ribuan mahasiswa baru adalah Gen Z yang tergolong dalam pemilih pemula.

“Game ini akan menjadi gambaran mahasiswa sekaligus sosialisasi tentang pemilu, terutama dalam menciptakan kondisi aman, bebas, rahasia, jujur, dan adil, mengingat mereka akan menggunakan hak pilih untuk pertama kalinya,” ujar Suko.

Dia berpesan kepada ribuan mahasiswa baru di tahun politik, mahasiswa harus pandai menangkal hoaks yang dapat menimbulkan keresahan sekaligus mencegah politisasi suku agama, ras, dan antargolongan (SARA).

Mahasiswa baru harus pandai melakukan tracking terhadap rekam jejak peserta pemilu, baik partai maupun calon legislatif, calon presiden dan wapres. Menurutnya, rekam jejak ini berkaitan dengan integritas sehingga dapat menguatkan demokrasi di Indonesia. 

“Penyakit demokrasi yang harus dihindari juga intervensi politik uang, selain menghasilkan manajemen pemerintahan yang korup, politik uang juga dapat merusak paradigma bangsa,” katanya.

Dalam memainkan game ini, mahasiswa memilih figur tiga calon presiden, yakni Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, dan Anies Baswedan. Setelah memilih salah satu calon, mahasiswa melakukan petualangan.

UMSurabaya mengajak ribuan mahasiswa baru memainkan game The President sebagai edukasi pemilih muda dalam Pemilu 2024.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News