Gubernur Khofifah Minta Bupati Wali Kota Siapkan Langkah Mitigasi Hadapi El Nino

Kamis, 28 September 2023 – 10:05 WIB
Gubernur Khofifah Minta Bupati Wali Kota Siapkan Langkah Mitigasi Hadapi El Nino - JPNN.com Jatim
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa (kedua kiri) saat mengecek alat berat untuk mengantisipasi dampak El Nino dan banjir, dalam Apel Kesiapsiagaan Menghadapi Dampak El Nino dan Banjir 2023/2024 di Kabupaten Malang, Jawa Timur, Rabu (27/9). Foto: Humas Pemprov Jatim.

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa meminta semua pihak, termasuk bupati dan wali kota menyiapkan langkah mitigasi, preventif, dan quick respons menghadapi El Nino dan potensi banjir.

“Kita harus meningkatkan kehati-hatian dan mitigasi harus dilakukan lebih komprehensif,” ujar Gubernur Khofifah, Rabu (27/9).

Menurutnya, mitigasi itu perlu dilakukan mengingat analisis BMKG pada minggu kedua atau ketiga November sudah ada hujan dengan intensitas cukup merata.

Langkah tersebut salah satunya dengan mengecek kondisi dam atau bendungan, mengingat dalam beberapa kasus banjir di Jatim disebabkan tumpukan sampah.

Untuk itu, diperlukan sinergi untuk mengantisipasi banjir akibat sampah yang menumpuk.

"Maka yang harus dilakukan adalah gotong royong, kerja bakti, sinergi, dan antisipasi bersama," katanya.

Mantan Mensos itu juga meminta pengecekan pada rumah pompa yang berfungsi untuk mengatur air.

"Dalam rumah pompa jangan sampai ada listrik yang tidak mengalir sehingga ketika dilakukan proses pengaturan air tidak berfungsi dan bisa banjir," tuturnya.

Gubernur Jatim Khofofah Indar Parawansa meminta semua pihak menyiapkan mitigasi bencana untuk menghadapi El Nino dan banjir.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News