Cegah Banjir, Pemkot Surabaya Kebut Pengerjaan Proyek Saluran Air

Jumat, 22 September 2023 – 19:50 WIB
Cegah Banjir, Pemkot Surabaya Kebut Pengerjaan Proyek Saluran Air - JPNN.com Jatim
Kepala DSDABM Lilik Arijanto. Foto: Diskominfo Surabaya

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Musim Hujan di Kota Surabaya sering menimbulkan genangan air di ruas beberapa jalan utama.

Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga (DSDABM) Kota Surabaya pun mengebut pengerjaan proyek saluran air di ratusan titik lokasi yang rawan banjir.

Kepala DSDABM Lilik Arijanto memprediksi musim hujan bakal terjadi pada akhir September ini. Guna mengantisipasi banjir, pihaknya juga sudah menyiapkan sarana dan prasarana terkait.

"Kami pastikan akhir tahun, persentase pekerjaan, terutama proyek saluran air, lebih dari 70 persen," ujar  Lilik, Jumat (22/9).

Pihaknya kini fokus dalam pekerjaan di perkampungan dan jalan-jalan besar yang ada di Kota Pahlawan, seperti Jalan Mayjend Sungkono yang dia yakini sering menimbulkan genangan air.

"Banyak yang kami benahi, seperti saluran utara pedestrian lama. Rencananya, 2024 akan kami kerjakan penambahan kapasitas saluran-saluran di lokasi tersebut," tuturnya.

Agar lebih maksimal, lanjut dia, melibatkan petugas untuk segera mengambil sampah di gorong gorong sekitar supaya tidak menyumbat aliran.

"Kalau awal hujan memang sampah jadi permasalahan. Karena ketika musim panas banyak sampah yang tertimbun sama tanah," tandas Lilik. (mcr23/jpnn)

Pemkot Surabaya bakal mengebut pengerjaan saluran guna mengantisipasi banjir musim hujan.

Redaktur : Fahmi Azis
Reporter : Ardini Pramitha

Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News