9 Siswa SMAN 5 Surabaya Raih Medali Emas & Perak Lomba Debat di Thailand

Sabtu, 09 September 2023 – 11:06 WIB
9 Siswa SMAN 5 Surabaya Raih Medali Emas & Perak Lomba Debat di Thailand - JPNN.com Jatim
Sembilan siswa SMAN 5 Surabaya yang meraih medali emas dan perak dalam ajang World Scholars Cup (WSC) Global Round di Bangkok, Thailand pada 31 Agustus-6 September 2023. Foto: Dok. Dindik Jatim.

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Sebanyak sembilan siswa dari SMAN 5 Surabaya meraih medali emas dan perak dalam ajang kejuaraan bergengsi di bidang akademik World Scholars Cup (WSC) Global Round di Bangkok, Thailand pada 31 Agustus-6 September 2023.

Mereka dibagi dalam tiga tim. Tim pertama beranggotakan Alycia Medina Amour, Aiko Najwakyla, dan Achmad Rennard Hafizh. Tim dua Nayyara Zealeeka, Diza Deianira, dan Desak Putu Maharani. Kedua tim itu meraih medali perak kategori tim debat.

Adapun tim ketiga yang beranggotakan Alham Aslamsyukur, Narayasa Danadhipa serta Rakha Robredo meraih medali emas. Dari hasil capaian itu, mereka akan melanjutkan kompetisi pada putaran final World Scholar's Cup Tournament of Champions di Yale University, Amerika Serikat.

Kepala Dinas Pendidikan Jatim Aries Agung Paewai mengapresiasi kerja keras pembimbing, terutama para siswa. Mereka mampu membuktikan yang terbaik dan bersaing dengan peserta dari berbagai negara. Terlebih, tak gentar dengan lawan berat berasal dari Indoa, Filipina, dan Hong Kong.

"Prestasi ini patut diapresiasi karena kompetisi bergengsi di bidang akademik internasional cukup ketat. Ada beberapa tahapan yang harus dilewati para siswa sampai pada tingkat ASEAN. Semangat juara harus terus disiapkan untuk kompetisi selanjutnya," kata Aries, Jumat (8/9).

Aries menyebut WSC menjadi ajang bergengsi teratas di bidang akademik lantaran seluruh pelajar di berbagai negara berkumpul untuk uji kecerdasan dan wawasan dengan menggunakan bahasa Inggris.

Adapun lomba yang dikompetisikan seperti lomba debat bahasa Inggris, menulis esai, menjawab soal-soal pilihan ganda yang subjeknya sudah ditentukan seperti sejarah, sains, seni, musik dan teknologi, serta cerdas cermat.

"Lomba-lomba yang dikompetisikan sangat menarik karena mereka bisa mengetahui sejauh mana kemampuan akademiknya. Mereka tidak hanya membutuhkan persaingan yang kompetitif di lingkup sekolah atau regional," ujarnya.

Tiga tim yang terdiri dari sembilan siswa dari SMAN 5 Surabaya meraih medali emas dan perak dalam lomba debat World Scholars Cup 2023 di Bangkok, Thailand.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News