Kadindik Jatim: Siswa SMA SMK Harus Gali Potensi Siapkan Untuk Dunia Kerja

Sabtu, 02 September 2023 – 09:34 WIB
Kadindik Jatim: Siswa SMA SMK Harus Gali Potensi Siapkan Untuk Dunia Kerja - JPNN.com Jatim
Pengukuhan 105 siswa SMA/SMK peserta engembangan dan peningkatan kompetensi keahlian siswa SMA/SMK menuju Milea (Millennial Incubation for Entrepreneurship & Innovation), Jumat (1/9). Foto: Arry Saputra/JPNN.

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Kepala Dinas Pendidikan Jatim Aries Agung Paewai mengukuhkan 105 peserta pengembangan dan peningkatan kompetensi keahlian siswa SMA/SMK menuju Milea (Millennial Incubation for Entrepreneurship & Innovation) di UPT PTKK Surabaya.

Peserta angkatan ke-5 itu menjalani pelatihan selama 12 hari sejak 21 Agustus-1 September 2023. Mereka mendapatkan pelatihan tata boga, desain, kecantikan, las, pendingin udara, dan lain-lain.

Aries mengatakan dari ribuan jumlah peserta pendidik baik SMA atau SMK di Jatim 105 siswa yang terpilih mengikuti pengembangan dan peningkatan kompetensi yang sudah disediakan.

"Ini kesempatan yang luar biasa, siswa akan punya modal menyiapkan dirinya dalam dunia kerja yang makin berkurang," kata Aries, Jumat (1/9).

Maka dari itu, Aries berpesan kepada ratusan siswa agar terus mengembangkan kompetensi yang didapat selama pelatihan. Siswa harus menggali potensinya untuk ditingkatkan.

"Sangat disayangkan kalau tidak dikembangkan. Hal yang terpenting bukan di akhir, tetapi menggali potensi ditingkatkan dan dilanjutkan," ujarnya.

Dia berpesan kepada para siswa bahwa dunia kerja tak hanya membutuhkan sertifikat, tetapi bakat yang diasah. Disiplin dan keuletan bekerja sangat dibutuhkan.

"Kalau punya skill saja tidak akan kompetitif. Banyak orang yang cerdas, tetapi tidak punya keahlian kedisiplinan dalam dunia kerja. Bertahan dengan lingkungan kerja, rekan kerja, pimpinan, dan dunia yang lain," tuturnya.

Kadindik Jatim Aries Agung Paewai meminta para siswa kompetensi keahlian Milea tetap menggali potensi setelah dikukuhkan untuk siap dalam dunia kerja.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News