Dindik Jatim Kembangkan Potensi Siswa SMA/SMK Demi Jemput Bola Dunia Usaha

Sabtu, 12 Agustus 2023 – 10:05 WIB
Dindik Jatim Kembangkan Potensi Siswa SMA/SMK Demi Jemput Bola Dunia Usaha - JPNN.com Jatim
Kadindik Jatim Aries Agung Paewai (tengah) saat meninjau proses pelatihan desan grafis dan fotografi siswa SMA/SMK di UPT PTKK, Jumat (11/8). Foto: Arry Saputra/JPNN.

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Pemerintah Provinsi Jawa Timur terus berupaya mengoptimalkan lulusan SMA/SMK menjadi generasi siap kerja dan menekan angka pengangguran.

Untuk mewujudkan hal tersebut, Dinas Pendidikan Jatim melalui UPT Pengembangan Teknis dan Keterampilan Kejuruan (PTKK) menyelenggarakan pengembangan dan peningkatan kompetensi keahlian siswa SMA/SMK menuju Milea (Millennial Incubation for Entrepreneurship & Innovation), Jumat (11/8).

“Kami melihat potensi siswa ini yang ditangkap oleh Dinas Pendidikan Jatim untuk nantinya bisa linear dengan program Gubernur (Khofifah Indar Parawansa)," ujar Kepala Dindik Jatim Aries Agung Paewai.

Kegiatan ini diikuti 180 siswa SMK dari berbagai daerah di Jatim. Untuk menyukseskan acara tersebut, Aries menuturkan pihaknya bekerja sama dengan Milenial Job Center (MJC).

Program ini dilaksanakan selama 12 hari. Berbagai macam kelas pun diajarkan mulai kelas kejuruan kecantikan, kelas tata busana, hingga kelas program MJC.

Selepas mengikuti program pelatihan ini, Aries berharap para siswa SMK dapat lebih mudah mengakses pekerjaan. Tak hanya sebagai pelamar kerja, dia juga bercita-cita agar para siswa tersebut dapat membangun usaha dan membuka lapangan pekerjaan.

"Dengan sertifikasi yang dimiliki siswa, baik itu dari UPT maupun nasional diharapkan akan mudah masuk ke dunia kerja maupun membuka usaha secara mandiri,” katanya

Harapannya angka pengangguran bisa tereliminasi dengan sendirinya dengan adanya pelatihan ini. Artinya, bisa menekan angka pengangguran di Jatim.

Dindik Jatim berkolaborasi dengan MJC untuk mengembangkan potensi lulusan SMK dan tekan angka pengangguran.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News