Erick Thohir Bicara Tanggung Jawab BUMN Sebagai Benteng Ekonomi di Unair

Minggu, 27 Agustus 2023 – 17:59 WIB
Erick Thohir Bicara Tanggung Jawab BUMN Sebagai Benteng Ekonomi di Unair - JPNN.com Jatim
Menteri BUMN Erick Thohir (kanan) saat menjadi pembicara dalam kegiatan bertajuk Sound of Justice Road to Campus 2023 di Unair Aseec Tower Unair, Minggu (27/8). Foto: Arry Saputra/JPNN.

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Menteri BUMN Erick Thohir membicarakan kinerja bersih-bersih di kementeriannya kepada mahasiswa dalam kegiatan bertajuk Sound of Justice Road to Campus 2023 di Unair Aseec Tower Unair, Minggu (27/8).

Menurutnya, tanggung jawab Kementerian BUMN adalah mengelola korporasi negara yang bertujuan untuk memperkuat benteng ekonomi nasional dan pelopor pembangunan.

“Kementerian BUMN sebagai benteng karena 30 persen ekonomi nasional ada di BUMN dan ini korporasi yang harus memberikan pendapatan kepada negara,” ujar Erick.

Selain itu, Kementerian BUMN bertindak sebagai pelopor pembangunan negara. Keseimbangan keduanya yang memang dilakukan selama ini

“Kami menyadari hal itu terjadi dan tolak ukurnya tidak ada. Maka dari itu, harus ada capitaire,” katanya.

Menurutnya berkat didikan dan pengalamannya saat memimpin perusahaan swasta dahulu, sekarang bisa melakukan hal tersebut.

"Saat menjalankan perusahaan harus adanya transparansi dan harus mempunyai tolak ukur pendapatan kepada pemilik," tuturnya.

Nah, peluncuran program AKHLAK (amanah, kompeten, harmonis, loyal, adaptif, dan kolaboratif) menjadi tolak ukur dalam melaksanakan tugas korporasi milik negara.

Menteri BUMN Erick Thohir menyebut BUMN sebagai benteng ekonomi nasional yang menyumbang 30 persen perekonomian di Indonesia.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News