125 Wisatawan Mancanegara Hadiri Madura Culture Festival

Jumat, 25 Agustus 2023 – 12:07 WIB
125 Wisatawan Mancanegara Hadiri Madura Culture Festival - JPNN.com Jatim
Kapal pengangkut wisatawan mancanegara yang menghadiri Madura Culture Festival di Sumenep. Foto: Dok. Disbudporapar Sumenep.

jatim.jpnn.com, SUMENEP - Madura Culture Festival yang digagas Bupati Sumenep Achmad Fauzi merebut animo banyak pengunjung. Pengunjung yang datang bukan hanya di dalam negeri, tetapi wisatawan dari mancanegara.

Cak Fauzi sapaan akrab Achmad Fauzi mengatakan hari ini, Jumat (25/8), kapal pesiar MV National Geographic Orion yang membawa 125 wisatawan mancanegara, mayoritas dari Eropa berlabuh di Pelabuhan Kalianget.

“Kehadiran para wisatawan mancanegara, kebanyakan dari Eropa, bukan hanya untuk menyaksikan keindahan dan pesona Sumenep. Mereka juga berkunjung untuk menyaksikan Madura Culture Festival,” kata Cak Fauzi tertulis.

Kehadiran wisatawan mancanegara itu disambut dengan kesenian khas tradisional begitu berlabuh di Pelabuhan Kalianget berupa musik Saronen dan Tari Paraban Sonte.

Rombongan wisatawan itu kemudian diarahkan menuju Keraton Sumenep. Di area keraton, beragam kegiatan yang menjadi rangkaian Madura Culture Festival dimulai sejak Kamis (24/8), seperti pameran museum, keris, akik, bonsai, dan ukiran.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan, Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata (Disbudporapar) Sumenep Mohammad Iksan mengatakan rombongan turis juga disambut dengan kesenian Saronin, Jaran Serek (kuda menari), termasuk Tari Pecut yang menjadi ciri khas wilayah setempat.

“Ada banyak kegiatan kesenian dan tradisi khas Sumenep yang menjadi bagian dari penyambutan para turis. Kehadiran turis dari Eropa ini melalui kapal pesiar biasa di Sumenep, sudah menjadi bagian dari trip wisata mereka,” kata Iksan. (mcr12/jpnn)

Sebanyak 125 wisatawan mancanegara hadiri Madura Culture Festival dan disambut dengan kesenian khas Sumenep.

Redaktur & Reporter : Arry Dwi Saputra

Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News