Ratusan Penari se-Tapal Kuda Bakal Meriahkan Madura Culture Festival

Sabtu, 19 Agustus 2023 – 19:17 WIB
Ratusan Penari se-Tapal Kuda Bakal Meriahkan Madura Culture Festival - JPNN.com Jatim
Tarian Muang Sangkal asli dari Sumenep yang bakal tampil dalam Madura Culture Festival. Foto: Pemkab Sumenep.

jatim.jpnn.com, SUMENEP - Pemkab Sumenep bakal menggelar Sumenep Culture Festival Soul of Madura pada Sabtu (26/8).

Acara tersebut akan diikuti penari di wilayah tapal kuda, meliputi Kabupaten Banyuwangi, Bondowoso, Jember, Situbondo, Lumajang, Probolinggo, dan beberapa wilayah lainnya.

“Penari se-tapal kuda kami hadirkan memerahkan Sumenep Culture Festival yang merupakan bagian dari kalender event Sumenep 2023,” ujar Bupati Sumenep Achmad Fauzi, Sabtu (19/8).

Acara yang akan dihadiri ratusan penari itu digelar di Stadion A Yani, Kecamatan Panglegur, Kabupaten Sumenep. Konsepnya penari dan masing-masing wilayah tapal kuda menampilkan atraksinya secara estafet.

“Masing-masing grup dibatasi durasi maksimal sepuluh menit. Baik tari maupun band lokal yang pernah membawa nama baik Sumenep dan saat ini, sebagian dari personelnya ada di luar Madura. Saltis dan Nuki di antaranya,” katanya.

Penonton yang dihadirkan dalam acara tersebut adalah sebagian siswa SMP dan SMA sederajat. Masing-masing sekolah yang menentukannya.

Cak Fauzi mengatakan panitia menghadirkan siswa SMP dan SMA dalam pagelaran budaya tari itu agar mereka mengenal budaya tari yang ada di tapal kuda Jawa Timur.

Dengan mengikuti event itu, para siswa diharapkan mempunyai kepekaan estetis melalui kegiatan dan pengalaman berkarya kreatif. Dalam pendidikan, juga untuk mengajarkan perkembangan budaya dari suatu daerah.

Madura Culture Festival bakal dimerahkan oleh penampilan ratusan penari dari daerah tapal kuda.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News