Mahasiswa Untag Surabaya Ciptakan Sepeda Pintar Cegah Kecelakaan Lalu Lintas

Rabu, 23 Agustus 2023 – 09:04 WIB
Mahasiswa Untag Surabaya Ciptakan Sepeda Pintar Cegah Kecelakaan Lalu Lintas - JPNN.com Jatim
Rizky Kevin Pratama (kiri) saat menunjukkan sepeda pintar ciptaannya yang bisa mencegah kecelakaan kepada Rektor Untag Surabaya Prof Dr Mulyanto Nugroho. Foto: Arry Saputra/JPNN.

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Mahasiswa Fakultas Vokasi Program Studi Teknologi Listrik Untag Surabaya menciptakan Sistem Keselamatan Berkendara Pintar pada Sepeda Sebagai Alat Bantu Pencegahan Kecelakaan Lalu Lintas.

Sebagai calon wisudawan, mahasiswa bernama Rizky Kevin Pratama itu mengatakan motivasi dia meneliti hal tersebut dari perasaan simpati dan keprihatinan terhadap kecelakaan yang dialami pengguna sepeda kayuh.

Permasalahan tersebut menjadi dasar bagi Rizky dalam merancang solusi dengan menciptakan sepeda pintar, terutama di wilayah perkotaan yang padat kendaraan dan memiliki risiko kecelakaan yang tinggi.

"Saya asli Madiun, di Surabaya selama kuliah tidak sedikit melirik dan melihat para pengguna sepeda kayuh mengalami kecelakaan serta tidak sedikit yang nyaris tertabrak. Maka dari itu, saya merancang sepeda pintar ini," ujar Rizky, Rabu (23/8).

Sepeda pintar yang dibuatnya diberi lampu sein otomatis yang dapat mencegah kecelakaan lalu lintas. Untuk membuatnya, alumni SMKN 1 Wonoasri Madiun itu melakukan persiapan selama enam bulan dan sempat mengalami kendala.

"Saya dibimbing Bapak Gezag Abror beberapa kali sempat mengalami kendala terkait sistem pada sepeda pintar ini karena berusaha melakukan program pada sensor dengan akurasi yang bagus," katanya.

Mahasiswa yang kerap berkecimpung dalam organisasi Himpunan Mahasiswa Teknik Listrik itu berharap hasil penelitiannya dapat diteruskan mahasiswa lain untuk disempurnakan.

"Besar harapan saya tentang sepeda pintar ini karena bagi saya pribadi perlu untuk dimaksimalkan rancangannya walaupun pada dasarnya sudah bisa digunakan. Namun, tetap saja akan lebih baik dimaksimalkan dari segi visual mungkin dirapikan mengikuti tren dan tatap mengutamakan keselamatan," tuturnya.

Mahasiswa Untag Surabaya menciptakan sepeda pintar yang bisa mencegah kecelakaan lalu lintas.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News