Eks Grha Wismilak Kini Diubah Jadi Gedung Polisi Istimewa

Senin, 21 Agustus 2023 – 19:07 WIB
Eks Grha Wismilak Kini Diubah Jadi Gedung Polisi Istimewa - JPNN.com Jatim
Kapolda Jatim Irjen Pol Toni Hermawan (kanan) didampingi Kakanwil BPN Jatim Joharno (kiri) saat konferensi pers di eks Grha Wismilak Surabaya. Foto: Ardini Pramitha/JPNN.com

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Bangunan Grha Wismilak di Jalan Darmo nomor 36-38 Surabaya kini telah berganti nama menjadi Gedung Polisi Istimewa.

Pergantian nama itu buntut polemik dugaan pemalsuan akta autentik bangunan itu.

Berdasarkan data, gedung yang pernah dipakai menjadi markas besar Polres Surabaya Selatan pada 1945-1993 itu ternyata tercatat dalam inventaris Polda Jatim.

Guna mengulas kembali sejarah atau peristiwa yang pernah terjadi di gedung tersebut, Kapolda Jatim Irjen Toni Hermanto melakukan pertemuan dengan seluruh jajaran pejabat utama dan polres untuk mengingatkan perjuangan para pahlawan.

“Kegiatan kami hari ini sekaligus mengingatkan pada jajaran kepolisian generasi muda bahwa tempat itu tempat berserjarah. Mereka harus tahu sejarah berdirinya Polisi Istimewa di sini yang kemudian menjadi Polri,” kata Toni seusai pertemuan, Senin (21/8).

Toni mengungkapkan dalam proses penyidikan mencuat fakta-fakta yang ditemukan. Salah satunya ialah terbit surat tanah yang dimiliki pihak lain pada 1993, padahal saat itu masih dihuni sebagai kantor polisi.

“Muncul surat-surat tanah yang memang harus dikonfirmasi secara fisik oleh yang menghuni di sini yaitu kantor polisi,” jelasnya.

Tak hanya itu, sertifikat hak guna bangunan (HGB) yang menjadi dasar kepemilikan Grha Wismilak itu dinyatakan cacat administrasi.

Bangunan Grha Wismilak di Jalan Darmo nomor 36-38 Surabaya kini telah berganti nama menjadi Gedung Polisi Istimewa
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News