Pemkab Sumenep Tanam Ratusan Mangrove Untuk Jaga Ekosistem Pesisir

Rabu, 09 Agustus 2023 – 23:00 WIB
Pemkab Sumenep Tanam Ratusan Mangrove Untuk Jaga Ekosistem Pesisir - JPNN.com Jatim
Bupati Sumenep Achmad Fauzi (kanan) saat menanam mangrove di pesisir pantai Desa Lobuk. Foto: Dok. Pemkab Sumenep.

jatim.jpnn.com, SUMENEP - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep berkomitmen untuk berkontribusi dalam upaya dunia untuk mitigasi perubahan iklim.

Hal tersebut diwujudkan melalui gerakan penanaman ratusan pohon mangrove secara serentak di pesisir pantai Desa Lobuk, Kecamatan Bluto.

Acara penanaman pohon yang dihadiri lebih dari 200 peserta ini dilaksanakan pada Minggu (6/8). Selain berupaya untuk melestarikan lingkungan, gerakan ini juga dilaksanakan dalam rangka peringatan Hari Mangrove Sedunia 2023.

“Kegiatan ini sebagai komitmen bersama semua pihak menjaga lingkungan dari ancaman bencana,” ujar Bupati Sumenep Achmad Fauzi.

Fauzi menambahkan ekosistem blue carbon di daerah pesisir sangat penting untuk mewujudkan penyerapan, penyimpanan, dan pelepasan emisi karbon secara optimal.

“Ekosistem blue carbon mencakup beberapa wilayah, salah satunya adalah hutan mangrove, padang lamun, lahan gambut air payau dan terumbu karang," imbuhnya.

Tak hanya baik untuk lingkungan, ratusan pohon mangrove itu diharapkan dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan, apalagi kawasan yang ditanami merupakan kawasan wisata baru yang sedang dikembangkan Pemkab Sumenep yaitu Spot Pancing Pantai Matahari.

Dalam kesempatan tersebut, Kepada Desa Lobuk, Moh Saleh menyampaikan dirinya dan warga sekitar menyambut baik program lingkungan ini.

Bupati Sumenep Achmad Fauzi menanam ratusan pohon mangrove untuk menjaga ekosistem di daerah pesisir.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News