Hampir 2 Minggu, Haji Asal Probolinggo yang Hilang Belum Ditemukan

Selasa, 11 Juli 2023 – 18:02 WIB
Hampir 2 Minggu, Haji Asal Probolinggo yang Hilang Belum Ditemukan - JPNN.com Jatim
Kedatangan jamaah haji Kota Madiun. Sejumlah jamaah haji melakukan sujud syukur saat tiba di Wisma Haji Kota Madiun, Jawa Timur, Rabu (5/7/2023). Dua dari 157 orang jamaah haji asal Kota Madiun meninggal dunia di tanah suci karena sakit. ANTARA Jatim/Siswowidodo/ZK

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Haji kloter 65 dari Kabupaten Probolinggo bernama Niron Sunar Suna dinyatakan hilang seusai melakukan lempar jumroh di Mina pada Kamis (29/7).

Ketua Panitia Penyelenggaran Ibadah Haji (PPIH) Asrama Haji Debarkasi Surabaya Husnul Maram mengatakan hingga hari ini, Selasa (11/7) jemaah haji tersebut belum ditemukan. Artinya Niron sudah menghilang selama 12 hari.

“Tim kami yang ada di Suadi Arabia terus melakukan pencarian. Semua tempat sudah dilakukan penyisiran, baik di rumah sakit, tenda, dan tempat-tempat yang dekat dengan Mina,” kata Husnul, Selasa (11/7).

Dia menceritakan kejadian itu bermula saat kloter 65 dijadwalkan melakukan lempar jumrah sekitar pukul 16.30 pada Kamis, (29/6). Namun, jadwal tersebut diganti menjadi setelah salat subuh.

“Pergantian jadwal itu agar suasanya lebih dingin. Setelah itu sampai di Mina ternyata Niron tidak ada. Istrinya menangis-nangis dan melapor kepada petugas,” kata Husnul.

Kemudian, pada 5 Juli 2023 ditemukan identitas, paspor. hingga baju yang dipakai Niron saat lempar jumrah. Penemuan itu baru dilaporkan ke petugas pada 8 Juli 2023.

“Paspornya ada, identitas ada dan ada baju yang dipakai oleh beliau ketika saat sedang lempar jumroh dan itu juga dibenarkan oleh istrinya. Nah ternyata orangnya enggak ada,” jelasnya.

Husnul mengatakan upaya pencarian terus dilakukan oleh petugas. Dia memastikan jika jemaah haji hilang di Saudi Arabia dipastikan aman.

Kronologi jemaah haji asal Probolinggo hilang usai lempar jumroh di Mina
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News