25 Titik di Surabaya Masih Macet, DPRD Minta Dishub Segera Tuntaskan

Senin, 10 Juli 2023 – 11:17 WIB
25 Titik di Surabaya Masih Macet, DPRD Minta Dishub Segera Tuntaskan  - JPNN.com Jatim
Salah satu titik kemacetan yang sering dijumpai di Jalan MERR Kota Surabaya (ANTARA/Abdul Hakim)

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Wakil Ketua Komisi C DPRD Surabaya Aning Rahmawati meminta Dishub menuntaskan permasalahan kemacetan lalu lintas di 25 titik kemacetan di Kota Pahlawan.

"Dishub masih memiliki PR untuk membebaskan puluhan titik jalan yang rawan macet atau padat di Surabaya," kata Aning, Senin (10/7).

Menurutnya, salah satu titik kemacetan berada di MERR atau Jalan Ir H Soekarno, Surabaya, khususnya di simpang Kedung Baruk dan Kertajaya Indah-KONI Jatim.

Untuk itu, Dishub Surabaya perlu segera melakukan pelebaran di Jalan MERR tersebut. Saat ini, jalur di jalan tersebut menyempit, yang awalnya tiga lajur dalam satu jalur, kini dua lajur.

"Lahan sudah jelas statusnya. Saya mendorong segera untuk dieksekusi Dishub. Sebab, mobilitas masyarakat di Jalan MERR juga sudah tinggi dan harus dikembalikan juga seperti lajur pertama," ujarnya.

Menurutnya, ada beberapa alasan jalan di Surabaya masuk dalam lokasi kemacetan, yakni antara lain geometric simpang, kapasitas jalan dinilai sudah maksimal, volume lalu lintas di jam sibuk tinggi, dan adanya keluar masuk kendaraan persil.

Aning menyampaikan solusi yang harus diambil yakni perbaikan geometric simpang, pembangunan jalan kembar, dan evaluasi kinerja persimpangan.

"Solusi lainnya evaluasi kinerja persimpangan. Kemudian beralih dari kendaraan pribadi ke kendaraan umum," katanya.

DPRD Surabaya meminta Dishub menyelesaikan permasalahan kemacetan di 25 titik di Kota Pahlawan.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News