Ganjar Creasi Rangkul Kicau Mania dengan Perlombaan Burung di Sidoarjo

Minggu, 09 Juli 2023 – 14:58 WIB
Ganjar Creasi Rangkul Kicau Mania dengan Perlombaan Burung di Sidoarjo - JPNN.com Jatim
Lomba burung berkicau para kicau mania di Sidoarjo yang digelar oleh Ganjar Creasi. Foto: Dok. Sukarelawan Ganjar.

jatim.jpnn.com, SIDOARJO - Sukarelawan Ganjar Creasi (Gcreasi) menggelar lomba kicau burung (gantangan) di Keboansikep, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Sidoarjo, Sabtu (8/7).

Lomba gantangan tersebut disambut meriah oleh puluhan kicau mania dari berbagai daerah di Sidoarjo. Perlombaan tersebut dibagi dalam tiga kelas dengan jenis burung berbeda, yakni cucak hijau, murai batu, dan kacer.

Koordinator Gcreasi Suryo Adi Prakoso mengatakan sejumlah burung yang mengikuti kompetisi dinilai oleh lima juri. Adapun instrumen penilaiannya meliputi kemerduan suara, volume, dan lagu.

"Kami dari Gcreasi mewadahi para kicau mania menyalurkan hobinya supaya ke arah yang baik, bagaimana lomba itu yang baik, penilaiannya, dan sportivitas ketika lomba," ujar Suryo.

Menurut dia, gantangan juga bisa sebagai ajang menjalin silaturahmi sekaligus mendukung para kicau mania atau pecinta burung menyalurkan hobinya.

Suryo menilai di Sidoarjo adalah daerah dengan pecinta burung berkicau cukup banyak.

"Startnya sore, tetapi peserta membludak, semua kelas (diisi) hampir 15 lebih orang, itu suatu prestasi untuk kelas di sore hari perlombaan burung," kata sukarelawan Ganjar Pranowo tersebut.

Suryo menyebut pemenang dalam gantangan ini bakal mendapatkan hadiah serta sertifikat. Tak hanya itu, para peserta juga diberikan modal pembinaan untuk burung mereka.

Perlombaan burung berkicau atau gantangan yang digelar Ganjar Creasi untuk menjalin silaturahmi antara kicau mania sekaligus menyalurkan hobi positif.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News