Longsor Lumajang Hari Ini: 3 Orang Tewas, Jalur Piket Nol Terhalang

Jumat, 07 Juli 2023 – 14:12 WIB
Longsor Lumajang Hari Ini: 3 Orang Tewas, Jalur Piket Nol Terhalang - JPNN.com Jatim
Ilustrasi: Sebuah alat berat diturunkan untuk membersihkan material longsor di Jalur Piket Nol, Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. (Foto Polres Lumajang)

jatim.jpnn.com, LUMAJANG - Tiga orang meninggal dunia akibat tanah longsor yang terjadi di di Dusun Sriti, Desa Sumberurip, Kecamatan Pronojiwo, Lumajang, Jumat (7/7) dini hari.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Lumajang Patria Dwi Hastiadi menyampaikan ketiga korban ditemukan sudah tidak bernyawa seusai rumah mereka tertimbun longsor pada bagian dapur dan kamar tidur.

"Sekitar pukul 04.00 WIB, kami berhasil mengevakuasi tiga korban meninggal dunia yang merupakan satu keluarga," kata Patria.

Bencana tersebut dipicu oleh hujan lebat yang menyebabkan longsor di beberapa titik, antara lain, longsor di KM 59 Jalur Piket Nol Lumajang-Malang.

Pantauan visual di lapangan, kata dia, memperkirakan panjang longsor sekitar 20 meter dengan ketinggian 10 meter. Selain itu, longsor juga terjadi di akses jalan menuju Ranupani.

Hingga kini tim gabungan telah mengerahkan alat berat guna melakukan pembukaan jalan yang tertutup total.

Namun, kondisi cuaca di lokasi kejadian belum memungkinkan untuk melanjutkan upaya penanganan darurat.

Hal ini karena beberapa longsor susulan masih terjadi sehingga lokasi akses jalan KM 59 Jalur Piket Nol Lumajang-Malang masih ditutup total. (antara/faz/jpnn)

Longsor susulan terjadi beberapa kali di Lumajang sejak dini hari tadi. Akibatnya akses pun tertutup.

Redaktur & Reporter : Fahmi Azis

Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News