Lewat Kelas Pemikiran Gus Dur, Untag Surabaya Tekankan Nilai Toleransi Patriot Muda

Minggu, 11 Juni 2023 – 12:32 WIB
Lewat Kelas Pemikiran Gus Dur, Untag Surabaya Tekankan Nilai Toleransi Patriot Muda - JPNN.com Jatim
Sejumlah narasumber saat memberikan pemaparan pada Kelas Pemikiran Gus Dur di Untag Surabaya, Sabtu (10/6). Foto: Humas Untag Surabaya

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) Fakultas Hukum (FH) Untag Surabaya menggelar diskusi nilai-nilai toleransi di kalangan pemuda yang terhimpun dalam Kelas Pemikiran Gus Dur.

Kepala Prodi FH Untag Surabaya Wiwik Afifah mengatakan nilai-nilai toleransi penting bagi mahasiswa sebagai bekal patriot muda yang akan mengemban amanah sebagai penggerak perdamaian.

"Kelas Pemikiran Gus Dur ini merupakan ruang yang akan membawa mahasiswa untuk bisa merespons kondisi negara kita yang terus maju dalam kehidupan berdemokrasi." kata Wiwik.

Dia menjelaskan kehidupan demokrasi tersebut telah dihasilkan mulai dari Presiden Soekarno, lalu didengungkan oleh KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur.

"Gus Dur memiliki sembilan nilai sebagai kerangka bagaimana kita bersikap sebagai patriot muda," ujarnya.

Sementara itu, Aktivis Gerakan Sosial Puspita Ratna menyebut kekuatan Indonesia berasal dari perbedaaan yang beragam sehingga dapat menjalankan demokrasi.

Dengan berbagai latar belakang, pemikiran, dan sumber daya yang berbeda Indonesia tidak bisa diseragamkan, tetapi jangan disia-siakan potensinya.

"Indonesia jangan diseragamkan, jangan sia-siakan potensi tersebut," ucapnya.

Untag Surabaya menanamkan nilai toleransi patriot muda kepada mahasiswa lewat kelas pemikiran Gus Dur.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News