Asah Kemampuan, Santri di Ponorogo Diajarkan Membuat Kerajinan dari Kayu

Jumat, 26 Mei 2023 – 20:53 WIB
Asah Kemampuan, Santri di Ponorogo Diajarkan Membuat Kerajinan dari Kayu - JPNN.com Jatim
Pondok Pesantren Putri Al Amin Hudatul Muna, Desa Brotonegaran, Kabupaten Ponorogo diajari membuat kerajinan tangan dari kayu untuk mengasah keterampilan. Foto: Dok. Sukarelawan Ganjar.

jatim.jpnn.com, PONOROGO - Santri di Pondok Pesantren Putri Al Amin Hudatul Muna, Desa Brotonegaran, Kecamatan/Kabupaten Ponorogo mendapatkan pelatihan pembuatan kerajinan tangan dari kayu.

Pelatihan tersebut dilakukan oleh Sukarelawan Gus-Gus Nusantara (GGN) Jatim. Adapun kerajinan yang dibuat berupa stan Al-Qur'an, kotak tisu, celengan, asbak kijing, dan talenan dapur yang terbuat dari kayu pinus dan jati belanda.

Pelatihan itu dipandu oleh Owner AHD Project (workshop kerajinan kayu) sekaligus Pengasuh Ponpes Putri Al Amin Hudatul Muna Tri Maidana Rohman Fuad.

Koordinator GGN Jatim Alwy Hasan mengatakan santri masa kini dituntut mengikuti perkembangan zaman.

"Santri tidak hanya belajar ilmu agama saja, tetapi bisa menempa diri dengan keterampilan agar tercipta kemandirian ekonomi," tutur Alwy.

Pihaknya juga menyerahkan sejumlah stimulus alat pertukangan untuk mendorong produktivitas para santri di workshop AHD Project berupa bor listrik, alat planer duduk, dan lain-lain.

AHD Project merupakan workshop kerajinan yang didirikan sejak masa pandemi COVID-19 sebagai wadah menggali dan mengembangkan potensi diri para santri Ponpes Al Amin Hudatul Muna Ponorogo.

"Produk kerajinan dari kayu adalah salah satu dari sekian banyak peluang ide bisnis yang kini menjadi sebuah tren dan diminati segala kalangan karena punya sisi unik, lebih tahan lama, dan tentunya ramah lingkungan." ujarnya.

Sukarelawan Ganjar Pranowo dari GGN Jatim mengajari santri di Pondok Pesantren Putri Al Amin Hudatul Muna Ponorogo membuat kerajinan tangan dari kayu.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News