Calon Jemaah Haji 2023 Diimbau Tak Bawa Barang Berlebihan, Perhatikan!

Senin, 22 Mei 2023 – 20:00 WIB
Calon Jemaah Haji 2023 Diimbau Tak Bawa Barang Berlebihan, Perhatikan! - JPNN.com Jatim
Pemeriksaan barang bawaan calon jemaah haji di Asrama Haji Embarkasi Surabaya tahun 2022. Foto: Ardini Pramitha/JPNN.com

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Panitia Pelaksana Ibadah Haji (PPIH) Asrama Haji Embarkasi Surabaya mengimbau seluruh calon jemaah haji 2023 untuk tidak membawa barang atau perbekalan yang berlebihan.

Calon jemaah haji (CJH) diharapkan dapat mematuhi peraturan terkait dengan barang-barang yang boleh dibawa atau tidak. Hal itu agar memenuhi standar keselamatan penerbangan.

Sekretaris PPIH Embarkasi Surabaya Abdul Haris mengatakan pihaknya telah melakukan sosialisasi materi keselamatan penerbangan kepada CJH di kabupaten dan kota melalui manasik haji.

“Jaga kesehatan sebelum berangkat. Diperhatikan barang bawaan karena ada yang dilarang dan tidak boleh dibawa, seperti barang yang mudah terbakar dan air keras,” tuturnya saat ditemui, Senin (22/5).

Selain itu, dia menjelaskan ada beberapa barang yang boleh dibawa, tetapi tidak boleh melebihi batas maksimal, seperti rokok. Setiap calon haji (calhaj) diperbolehkan membawa maksimal 200 batang.

“Kemudian yang boleh dibawa, tetapi ditempatkan di bagasi, seperti gunting, pisau, alat pemotong kuku,” katanya.

Adapun barang yang boleh tetapi harus diletakkan di tas kabin, seperti power bank. Kapasitas power bank yang boleh dibawa maksimal 10.000 mAh.

“Kapasitas bagasi maksimal 20 kg, tas tenteng 7 kg,” ucap Haris. (mcr23/jpnn)

PPIH Embarkasi Surabaya berharap calon jemaah haji 2023 mematuhi keselamatan penerbangan sebagai berikut.

Redaktur : Fahmi Azis
Reporter : Ardini Pramitha

Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News