Tekan Angka Kemiskinan, Pemkab Sumenep Genjot Sektor Pariwisata

Selasa, 09 Mei 2023 – 13:12 WIB
Tekan Angka Kemiskinan, Pemkab Sumenep Genjot Sektor Pariwisata - JPNN.com Jatim
Masjid Jamik menjadi salah satu destinasi wisata menarik yang bisa dikunjungi wisatawan lokal dan mancanegara di Sumenep. Foto: Dok, Pemkab Sumenep.

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Pemkab Sumenep terus berupaya menekan angka kemiskinan di wilayah setempat. Caranya dengan menguatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) dan peningkatan lapangan pekerjaan.

Salah satu yang dilakukan Bupati Achmad Fauzi untuk mengurangi angka kemiskinan melalui pengembangan pariwisata.

Inovasi dan promosi yang terus dilakukan membuat jumlah wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Sumenep terus meningkat. Hal tersebut diklaim menekan angka kemiskinan, termasuk mengurangi angka pengangguran.

Peningkatan kunjungan wisatawan tersebut secara otomatis membuat sektor UMKM tumbuh dan menyerap lapangan pekerjaan.

Tekan Angka Kemiskinan, Pemkab Sumenep Genjot Sektor Pariwisata

Pantai Sembilan di Pulau Gili Genting Sumenep yang memiliki sensasi air laut biru dan terumbu karang eksotis. Foto: Dok. Mukid untuk JPNN.

Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) Jatim, angka kemiskinan di Kabupaten Sumenep pada 2022 sekadar menyisakan 18,76 persen. Jumlah itu jauh menurun ketimbang tahun 2021 mencapai 20,51 persen.

Tingkat pengangguran terbuka pada 2022 tinggal 1,36 persen, berkurang dari tahun 2021 sebesar 2,31 persen. Peningkatkan sektor wisata juga memperbaiki angka ketimpangan sosial lantaran menyerap pekerja di pedesaan.

Bupati Achmad Fauzi menggenjot sektor pariwisata untuk menekan angka kemiskinan di wilayahnya yang dipimpin.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News