Nekat Timbun dan Naikkan Harga Pokok Saat Lebaran, Pedagang Siap-Siap Diciduk

Rabu, 19 April 2023 – 15:03 WIB
Nekat Timbun dan Naikkan Harga Pokok Saat Lebaran, Pedagang Siap-Siap Diciduk - JPNN.com Jatim
Tim Satgas Pangan Polda Jatim saat mengecek harga dan ketersediaan bahan pokok di pasaran. Foto: Dok. Polda Jatim.

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Tim Satgas Pangan Polda Jatim memelototi ketersediaan bahan pokok menjelang Lebaran Hari Raya Idulfitri 1444 Hijriah.

Apabila ada yang kedapatan nekat menimbun hingga memainkan harga, pihaknya tak segan-segan memberikan tindakan tegas.

Kasatgasda Pangan Polda Jatim Kombes Farman menjelaskan pemantauan bahan pokok rangkaian dari Operasi Ketupat Semeru 2023 sejak 18 April-1 Mei 2023.

"Kegiatan itu dilakukan agar masyarakat bisa mudik dan berlebaran dengan aman, nyaman, dan tenang. Tidak dipermainkan para pedagang-pedagang yang curang," kata Farman, Selasa (18/4).

Pria yang menjabat sebagai Dirreskrimsus Polda Jatim itu menyebut sebelum Operasi Ketupat Semeru dilakukan, pihaknya melaksanakan kegiatan rutin yang ditingkatkan (KRYD) sejak 10 hingga 16 April 2023.

Adapun sasarannya di antaranya ketersediaan dan harga barang kebutuhan pokok serta makanan minuman kedaluwarsa.

"Sasarannya pasar tradisional, pasar modern, supermarket, gudang distributor, penggilingan padi, produsen dan gudang gula pasir, produsen minyak goreng, distributor telur ayam ras, dan tempat lain yang berpotensi terjadi penyimpangan," ujar Dirreskrimsus Polda Jatim Kombes Farman, Senin (17/4).

Dari kegiatan itu, hasilnya sampai saat ini secara umum ketersediaan harga barang kebutuhan pokok di Jatim mencukupi dan harga masih stabil, bahkan cenderung mengalami penurunan.

Satgas Pangan Polda Jatim meminta pedagang tak curang dalam menentukan harga saat momen Hari Raya Idulfitri 1444 H.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News