Hamdalah, Tarif Bus Ekonomi se-Jawa Timur Lebaran Nanti Tak Naik

Rabu, 12 April 2023 – 17:35 WIB
Hamdalah, Tarif Bus Ekonomi se-Jawa Timur Lebaran Nanti Tak Naik - JPNN.com Jatim
Foto arsip. Sejumlah penumpang turun dari kereta api di Stasiun Malang, Kota Malang, Jawa Timur. (ANTARA/HO-Humas KAI Daop 8 Surabaya)

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Tidak ada kenaikan kenaikan tarif bus ekonomi di wilayah Jawa Timur saat Lebaran 2023 atau Raya Idul Fitri 1444 Hijriah.

Hal itu dikonfirmasi oleh Wakil Ketua DPD Organisasi Angkutan Darat (Organda) Jawa Timur Firmanyah Mustafa, Rabu (12/4).

"Tarifnya saat Lebaran nanti tetap seperti saat ini, tidak naik. Tarif ekonomi telah ditentukan dalam aturan pergub. Ada tarif batas bawah dan atas," katanya.

Jika ada yang menaikkan tarif untuk bus ekonomi, lanjutnya, akan berurusan dengan pelaksana kebijakan. Perusahaan Otobus (PO) bisa mendapatkan sanksi berupa teguran.

"Bahkan jika ditemukan bukti kuat, bisa juga mendapat sanksi hingga pencabutan izin trayek," ujarnya.

Menurutnya, yang boleh naik adalah untuk non-ekonomi. Firman menyarankan untuk tiket non-ekonomi, agar penumpang membayar ketika berada di dalam bus atau membelinya di agen-agen resmi.

"Jangan percaya dengan calo-calo yang menawari tiket non-ekonomi. Beli saja di agen resmi," tuturnya.

Firman mengatakan menghadapi Lebaran nanti, pihaknya telah melakukan pengecekan terhadap kesiapan kendaraan. Awak bus seperti sopir, kernet dan kondekturnya juga menjalani cek kesehatan.

Bagi PO bus ekonomi yang menyalahi aturan, akan dikenakan sanksi sebagaimana ditentukan oleh pergub.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News