Patung Cagar Budaya di Tulungagung Hampir Jadi Objek Vandalisme, Ternyata

Sabtu, 01 April 2023 – 11:11 WIB
Patung Cagar Budaya di Tulungagung Hampir Jadi Objek Vandalisme, Ternyata - JPNN.com Jatim
Juru Pelihara benda cagar budaya patung dwarapala, Sugeng Hariadi menunjukkan patung dwarapala yang dicat oleh pekerja warung di Tulungagung, Jumat (31/3). ANTARA/HO-JP

jatim.jpnn.com, TULUNGAGUNG - Aksi vandalisme pada sebuah benda cagar budaya yang menjadi salah satu monumen ikonik di Kabupaten Tulungagung digagalkan sejumlah warga setempat.

Pamong Bidang Budaya Benda Cagar Budaya Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Tulungagung Winarto mengonfirmasi kejadian itu.

"Sangat disesalkan masih ada yang mencoba dengan sengaja mewarnai patung dwarapala itu, padahal ini adalah benda cagar budaya daerah yang harus dilindungi," kata Winarto, Jumat (31/3).

Pelaku ternyata seorang pekerja warung yang tak jauh dari lokasi patung berbentuk retjo pentung itu. Dia melakukan hal tersebut atas perintah dari majikannya.

Sebenarnya, tujuannya bukan merusak, tetapi memberi warna agar patung yang ada di Jalan Ki Mangun Sarkoro, Kelurahan Tamanan tersebut lebih enak dipandang.

Hal tersebut justru tidak dibenarkan lantaran dikhawatirkan bisa merusak orisinalitas benda cagar budaya itu.

"Sebelum terlanjur, (pelaku) diperingatkan saja," ujarnya.

Winarto mengingatkan dasar perlindungan benda maupun bangunan yang sudah ditetapkan sebagai cagar budaya sebagaimana termaktub dalam UU Nomor 10 Tahun 2011 tentang Cagar Budaya.

Patung dwarapala yang menjadi bangunan ikonik di Kabupaten Tulungagung hampir menjadi objek vandalisme.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News