Perahu Tambangan di Pagesangan Disebut Paling Aman, Sudah Punya Sertifikat BBWS

Rabu, 29 Maret 2023 – 09:34 WIB
Perahu Tambangan di Pagesangan Disebut Paling Aman, Sudah Punya Sertifikat BBWS - JPNN.com Jatim
Masyarakat pengendara roda dua menggunakan jasa perahu tambangan milik Nanik di Jalan Pegesangan Surabaya. Foto: Ardini Pramitha/JPNN.com

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Perahu tambangan yang menjadi penghubung Jalan Pagesangan dan Jalan Mastrip melawati Sungai Brantas disebut paling aman, bahkan sudah mendapatkan sertifikat dari BBWS Brantas.

Hal itu diungkapkan oleh anak pemilik perahu tambangan di Jalan Pagesangan Nanik (57) saat ditemui di lokasi, Selasa (28/3).

“Di sini perahu tambangan paling aman. Kami juga sudah dapat sertifikat dari BBWS,” kata Nanik.

Dia menjelaskan perahu tambangan milik almarhum ayahnya itu telah beroperasi sejak 1962. Saat itu, kata Nanik perahu tambangan masih terbuat dari kayu.

“Setelah pakai perahu kayu. Kemudian diganti dengan perahu besi, di atasnya juga dilengkapi dengan atap. Perahu besi ini sudah kami operasikan selama sepuluh tahun,” ungkapnya.

Nanik menjelaskan perawatan yang dilakukan terhadap perahu ini dilakukan secara berkala.

“Satu bulan sekali selalu dicek. Apakah ada yang rusak atau gimana. Kondisi tali pengerek yang ada di sisi kiri dan kanan juga dilihat kondisinya,” tuturnya.

Tarif yang diberlakukan bagi masyarakat yang menyewa jasanya Rp 1.000 per orang. Untuk jam operasionalnya sendiri mulai pukul 03.00 hingga 02.00 WIB dini hari.

Pemilik perahu tambangan di Pagesangan mengeklaim bahwa perahunya paling aman karena miliki sertifikat dari BBWS.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News