Xonoxe, Septic Tank Tanpa Kuras yang Ramah Lingkungan

Sabtu, 25 Maret 2023 – 21:50 WIB
Xonoxe, Septic Tank Tanpa Kuras yang Ramah Lingkungan - JPNN.com Jatim
Founder Xonoxe Sarjoe Widodo menunjukkan produk buatan septic tank tanpa kuras selamanya yang ramah lingkungan. Foto: Dok. Pribadi Sarjoe.

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Sanitasi dan kesehatan lingkungan menjadi hal utama dalam menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat. Di Indonesia saat ini masih minim pembangunan jamban. Akses sanitasi, khususnya pada penggunaan jamban sehat menjadi masalah serius.

Tingginya angka buang air besar di sembarang tempat atau open defecation menjadi salah satu indikator rendahnya akses tersebut.

Nah, Xonoxe Septic Tank hadir mengatasi permasalahan itu. Alat filtrasi kotoran atau tinja dari kakus (WC) sebagai usaha sanitasi dalam pengelolaan buangan kotoran agar tidak mencemari lingkungan.

Founder Xonoxe Septic Tank Sarjoe Widodo mengatakan produknya bekerja tanpa mesin dan bahan kimia, bahkan bebas kuras selamanya.

Xonoxe, Septic Tank Tanpa Kuras yang Ramah Lingkungan

Bentuk Xonoxe Septic Tank yang menggunakan teknologi tanpa kuras selamanya. Foto: Dok. Pribadi Sarjoe.

"Xonoxe diproduksi CV Aliman Joyo Sakti merupakan septic tank pertama di Indonesia yang menggunakan teknologi tanpa kuras dan ramah lingkungan," kata Sarjoe.

Penggagas septic tank tanpa kuras yang bermarkas di Sidoarjo itu menjelaskan produknya sebagai penghancur tinja modern pengganti septic tank yang memiliki sistem peresapan sehingga harus mengurasnya ketika penuh.

Xonoxe Septic Tank menjadi solusi jamban tanpa kuras selamanya dengan pengolahan tinja yang tidak mencemari lingkungan.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News