Dedid Cahya Dikukuhkan Sebagai Guru Besar PENS, Teliti Pengembangan Mobil Listrik

Selasa, 21 Maret 2023 – 18:57 WIB
Dedid Cahya Dikukuhkan Sebagai Guru Besar PENS, Teliti Pengembangan Mobil Listrik - JPNN.com Jatim
Prof. Dr. Ir. Dedid Cahya Happyanto dikukuhkan sebagai guru besar bidang Ilmu Intelligent Control & Electric Vehicle, Selasa (21/3). Foto: Arry Saputra/JPNN.

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Politeknik Negeri Elektronika Surabaya (PENS) mengukuhkan Prof. Dr. Ir. Dedid Cahya Happyanto sebagai guru besar bidang Ilmu Intelligent Control & Electric Vehicle, Selasa (21/3).

Pengukuhan Dosen Departemen Teknik Elektro ini itu menggenapi tiga guru besar yang dimiliki PENS.

Dalam pengukuhan tersebut, Prof. Dedid menyampaikan orasi ilmiah berjudul Pengembangan Teknologi Mobil Listrik Smart Car dan Infrastruktur untuk Meningkatkan Pelayanan dan Keamanan MenujuIndonesia Smart City.

Penelitiannya membahas sebuah konsep dan ide yang bakal ditawarkan kepada pemerintah dalam bentuk kenyamanan dalam berkendara yang bisa dinikmati masyarakat.

“Penelitian yang saya lakukan pengembangan mobil listrik berbasis kecerdasan buatan,” kata Prof. Dedid.

Dia menjelaskan mengenai teknologi masa depan, di mana mobil listrik dilengkapi smart card yang bisa mengontrol kendaraan. 

“Kemudian bisa digunakan tanpa awak dan terintegrasi dalam satu sistem yang dipantau menggunakan Internet of Things (IoT) dan big data berbasis satelit,” jelasnya.

Pemerintah, kata dia, saat ini sudah fokus terhadap penerapan mobil listrik. Sebab, polusi udara makin hari makin besar, termasuk polusi air yang meningkat.

Prof. Dr. Ir. Dedid Cahya Happyanto dikukuhkan sebagai guru besar bidang Ilmu Intelligent Control & Electric Vehicle.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News