Putri Wapres Ma'ruf Amin Ditetapkan Jadi Guru Besar Unesa

Kamis, 16 Maret 2023 – 16:45 WIB
Putri Wapres Ma'ruf Amin Ditetapkan Jadi Guru Besar Unesa - JPNN.com Jatim
Siti Nur Azizah, anak dari Wapres Ma'ruf Amin dikukuhkan menjadi Guru Besar Unesa. Foto: Instagram Siti Nur Azizah

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Unesa mengukuhkan putri Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Siti Nur Azizah, sebagai guru besar. Pengukuhan itu dilakukan dalam Rapat Terbuka Senat Unesa yang dihadiri langsung oleh Ma'ruf Amin, Kamis (16/3).

Senat Akademik Unesa memberikan gelar profesor kepada Siti Nur Azizah dalam bidang Ilmu Hukum Bisnis Halal pada Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum Unesa.

Pada saat itu, Siti Nur Azizah pun mempresentasikan orasi ilmiah berjudul "Jaminan Produk Halal Melalui Audit Mutu Hukum Menuju Era Industri Halal".

"Saya berharap pada masa yang akan datang segenap peraturan perundang-undangan terkait dengan jaminan produk halal dan industri halal sebagai bagian bisnis halal diwujudkan dalam suatu omnibus law," kata Azizah.

Omnibus law yang dimaksud Azizah itu, yaitu undang-undang tentang bisnis halal dengan di dalamnya mencakup peraturan di bidang perindustrian, perdagangan, perlindungan konsumen, penanaman modal, pengaturan pangan, pengaturan pertanian, dan jaminan produk halal.

Pada pokoknya, omnibus law tersebut mengatur bisnis menuju pembangunan industri halal melalui pasar halal.

Selain itu, Azizah menuturkan dalam penerapan hukum mengenai regulasi industri di bidang hukum bisnis halal, termasuk industri halal, perlu diperhatikan harapan dari sisi hukum maupun masyarakat.

"Pertama, harapan hukum bisnis halal, yaitu penerapan hukum yang sesuai dengan harapan pembuat undang-undang, yaitu dengan penafsiran autentik," ujarnya.

Putri Wapres Ma'ruf Amin, Siti Nur Azizah, menjadi Guru Besar Unesa dalam Bidang Ilmu Hukum Bisnis Halal.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News