GGN Gelar Tradisi Megengan di Ponpes Kediri Bersama Santri

Minggu, 19 Maret 2023 – 12:42 WIB
GGN Gelar Tradisi Megengan di Ponpes Kediri Bersama Santri - JPNN.com Jatim
GGN Jatim saat menggelar tradisi megengan bersama santri dan masyarakat di Ponpes Kediri. Foto: Dok. GGN Jatim.

jatim.jpnn.com, KEDIRI - Sukarelawan Ganjar Pranowo dari Gus-Gus Nusantara menggelar tradisi Megengan bersama keluarga besar Pondok Pesantren Al-Ijtihad, Desa Setonorejo, Kecamatan Kras, Kediri, Jumat (17/3).

Tradisi megengan adalah kebudayaan nusantara dalam menyambut bulan suci Ramadan dengan bergembira, berzikir, salawat, dan doa bersama.

“GGN mengadakan kegiatan megengan, yaitu ritual Islam yang biasanya dilakukan masyarakat Jawa khususnya Jawa Timur. Ini merupakan bentuk persiapan mensucikan diri menyambut Ramadan,” kata Koordinator GGN Jatim Alwy Hasan tertulis, Minggu (19/3).

Kegiatan itu diharapkan makin mempererat silaturahmi dan menjaga kebudayaan nusantara.

“Harapan kamu masyarakat bisa mengenal pentingnya silaturahmi, seperti yang dicontohkan Pak Ganjar, peduli terhadap adat kebudayaan nusantara Islam,” ujarnya.

Kegiatan itu mendapat antusias cukup tinggi dari para santri hingga masyarakat. Hal tersebut tampak dari banyaknya peserta yang hadir.

“Alhamdulillah semenjak kami beritahukan akan ada acara ini semuanya mendukung, mulai dari santri hingga masyarakat,” jelasnya.

Sementara itu, Pengurus Ponpes Al Ijtihad Mukhid Zainal mengaku terbuka dengan kegiatan-kegiatan positif yang digelar GGN.

Sukarelawan Ganjar Pranowo dari GGN Jatim menggelar tradisi Megengan bersama para santri di Ponpes Kediri.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News