Perkuat Peran Bisnis dan Pengelolaan Sampah, OPPA Beri Pelatihan WSC2Scale

Kamis, 09 Maret 2023 – 20:52 WIB
Perkuat Peran Bisnis dan Pengelolaan Sampah, OPPA Beri Pelatihan WSC2Scale - JPNN.com Jatim
Petugas Bank Sampah Induk Surabaya saat memasukkan ratusan botol plastik bekas ke dalam mesin pres. Foto: Ardini Pramitha/JPNN.com

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Keterbatasan pengelolaan sampah plastik di Indonesia berdampak buruk terhadap lingkungan. Hal ini menjadi sumber pencemaran bagi masyarakat.

Melalui program Waste System Community 2 Scale (WSC2 Scale) yang dijalankan Ocean Plastic Prevention Accelerator (OPPA)-Second Muse, memperkuat peran bisnis dan organisasi pengelolaan serta daur ulang sampah.

Selain itu, berperan untuk mengurangi pencemaran polusi sampah plastik di lingkungan.

Manajer Program di OPPA Renni Widya mengatakan program lanjutan dari Waste Community Accelerator tersebut memberikan bimbingan dan dukungan pencocokan teknis ahli.

"Tujuannya membangun hubungan yang lebih kuat antara para peserta demi menguatkan rantai pasokan bahan plastik daur ulang," ujar Renni, Kamis (9/3).

Menurutnya, dalam waktu tiga tahun, program tersebut telah mendukung 25 peserta.

Sebagai bentuk dukungan berkelanjutan OPPA untuk bisnis pengelolaan sampah di Jawa Timur, program WSC Scale diluncurkan pada bulan Oktober 2022.

“Selama lima bulan, tiga peserta terpilih mendapatkan konsultasi dan pendampingan teknis intensif, serta berpartisipasi dalam kunjungan lapangan untuk belajar dari organisasi dan bisnis persampahan lainnya," bebernya.

Program Waste System Community 2Scale (WSC2Scale) perkuat peran bisnis dan organisasi pengelolaan daur ulang sampah untuk mengurangi pencemaran polusi.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News