Bupati Sumenep Sampaikan Pentingnya Reaktivasi Jalur Kereta di Hadapan 2 Menteri

Jumat, 03 Februari 2023 – 12:34 WIB
Bupati Sumenep Sampaikan Pentingnya Reaktivasi Jalur Kereta di Hadapan 2 Menteri - JPNN.com Jatim
Bupati Sumenep Achmad Fauzi mendampingi Menteri Keuangan RI Sri Mulyani Indrawati dan Menko Polhukam Mahfud MD di Pendopo Keraton Sumenep, Kamis (2/2). Foto: Dok. Mukid untuk JPNN.

jatim.jpnn.com, SUMENEP - Bupati Sumenep Achmad Fauzi memperjuangkan reaktivasi jalur kereta Madura di hadapan Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menko Polhukam Mahfud MD, dan Ketua Banggar DPR RI MH Said Abdullah

Aspirasi dari masyarakat Madura itu disampaikan langsung saat mereka melakukan kunjungan di Pendopo Keraton Sumenep, Kamis (2/2).

"Saya ingin sampaikan satu aspirasi orang madura minta tol, tetapi itu tidak memungkinkan maka kami meminta reaktivasi jalur kereta," kata Fauzi di sela sambutannya.

Pihaknya sudah bersurat kepada Presiden Joko Widodo beberapa waktu lalu dengan pertimbangan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat di Pulau Garam itu.

Selain itu, pengaktifan kembali jalur kereta sebagai alternatif, jika pemerintah pusat batal membangun jalan tol penghubung empat kabupaten di Madura.

"Ketika jalur kereta api dulu masih beroperasi, ada banyak komoditas yang diangkut dari Madura ke Surabaya atau wilayah Jatim lainnya. Madura kaya berbagai komoditas, seperti garam, gula, jagung, dan daging sapi," ujarnya.

Dengan begitu akan ada pemangkasan waktu jarak tempuh dan secara otomatis akan mendukung kelancaran transportasi umum di Madura.

"Jangan lupa, komoditas-komoditas, seperti garam dan gula selama ini banyak didapat melalui importasi. Miliaran dolar yang harus dibayarkan. Jadi, kenapa tidak mengandalkan Madura yang kaya akan potensi ini," tuturnya.

Bupati Sumenep Sampaikan Pentingnya Reaktivasi Jalur Kereta di Hadapan Menkeu Sri Mulyani dan Menko Polhukam Mahfud MD.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News