Mahasiswa Untag Surabaya Lestarikan Jejak Peninggalan Jenderal Sudirman Menjadi Museum

Senin, 23 Januari 2023 – 22:32 WIB
Mahasiswa Untag Surabaya Lestarikan Jejak Peninggalan Jenderal Sudirman Menjadi Museum - JPNN.com Jatim
Mahasiswa Untag Surabaya melestarikan tempat persinggahan Jenderal Sudirman di rumah peninggalan keluarga Mbah Ginut di Desa Ngindeng, Kecamatan Sawoo, Kabupaten Ponorogo. Foto: Humas Untag Surabaya.

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Mahasiswa Untag Surabaya melestarikan salah satu daerah yang pernah menjadi tempat persinggahan Jenderal Sudirman ketika agresi militer Belanda 74 tahun silam.

Adapun tempat persinggahan itu adalah rumah peninggalan keluarga Mbah Ginut di Desa Ngindeng, Kecamatan Sawoo, Kabupaten Ponorogo.

Tempat tinggal yang menjadi saksi bisu perjuangan Jenderal Sudirman itu dilestarikan mahasiswa Untag Surabaya melalui program KKN Reguler 2022/2023.

Ketua Pelaksana KKN Reguler 2022/2023 Drs Widiyatmo Ekoputro menjelaskan KKN kali ini terdapat lima kelompok yang disebar ke lima desa.

"Ada 158 patriot mengabdi yang terlibat. Semuanya dibagi menjadi lima kelompok melakukan KKN di lima desa, yakni Desa Sawoo, Ngindeng, Tumpak Pelem, dan Sriti," kata Widi tertulis, Senin (23/1).

Ratusan mahasiswa tersebut terjun ke lapangan selama 12 hari mengembangkan lima desa itu menjadi smart village.

"Berbagai program dilakukan oleh seluruh patriot mengabdi, mulai dari pengembangan UMKM, pengembangan desa pascabencana, dan berbagai inovasi penunjang kesejahteraan desa, hingga pelestarian Museum Rumah Singgah Jenderal Sudirman," jelasnya.

Meski berjalan singkat, hal tersebut tidak mengurangi kesungguhan Untag Surabaya dalam mengimplementasikan Tri Dharma Perguruan Tinggi dalam bidang pengabdian.

Ratusan mahasiswa Untag Surabaya melestarikan jejak peninggalan Jenderal Sudirman di Desa Ngindeng, Kecamatan Sawoo, Kabupaten Ponorogo.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News