Nahas, Pria di Lumajang Tewas Tertimbun Longsoran Bambu, Begini Kronologinya

Rabu, 18 Januari 2023 – 13:01 WIB
Nahas, Pria di Lumajang Tewas Tertimbun Longsoran Bambu, Begini Kronologinya - JPNN.com Jatim
Tim gabungan bersama warga mengevakuasi korban yang tertimbun longsoran rumpun bambu di Desa Jugosari, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, Selasa (17/1) petang. ANTARA/HO-BPBD Lumajang

jatim.jpnn.com, LUMAJANG - Kejadian nahas menimpa Slamet Junaedi warga Desa Jugosari, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang. Pria berusia 54 tahun itu tewas tertimbun rumpun bambu yang tergerus tanah longsor pada Selasa (17/1).

Kepala BPBD Lumajang Patria Dwi Hastiadi menjelaskan kejadian itu berawal saat korban bersama sembilan orang lain memperbaiki saluran air bersih yang lama macet di sungai belakang rumahnya.

Korban kemudian naik ke atas tanggul sungai membersihkan batang-batang bambu yang menjadi penyebab macetnya saluran air.

"Saat korban hendak memotong, tiba-tiba rumpun bambu mengalami longsor sehingga korban terjatuh dan tertimbun longsoran rumpun bambu," kata Patria tertulis.

Teman-teman korban berupaya menolongnya, tetapi material rumpun bambu tersebut sangat rimbun membuat pertolongan sulit dilakukan.

Akhirnya, para warga melaporkan kejadian itu ke Pemerintah Desa Jugosari dan diteruskan ke BPBD Lumajang. TRC BPBD Lumajang tiba di lokasi langsung melakukan evakuasi.

"Satu regu siaga bersama warga dan tim gabungan mengevakuasi korban menggunakan alat manual dan berhasil. Namun, korban ditemukan sudah meninggal dunia," ujarnya.

Setelah berhasil dievakuasi, korban dibawa menuju rumah duka untuk dimakamkan di TPU Dusun Kampung Baru, Desa Jugosari," jelasnya.

Begini kronologi warga Lumajang Slamet Junaedi meninggal tertimbun longsoran bambu saat memperbaiki saluran air macet.
Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News