2 Tahun Vakum, Barongsai Dipertontonkan Kembali di Kelenteng Boen Bio Surabaya

Selasa, 17 Januari 2023 – 22:18 WIB
2 Tahun Vakum, Barongsai Dipertontonkan Kembali di Kelenteng Boen Bio Surabaya - JPNN.com Jatim
Petugas Klenteng Boen Bio Surabaya sedang melakukan pembersihan lampu altar untuk menyambut Tahun Baru Imlek 2022. Foto: Ardini Pramitha/JPNN.com

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Pengurus Klenteng Boen Bio Surabaya bakal mengadakan kembali pertunjukan barongsai pada perayaan Tahun Baru Imlek 2574 tahun 2022.

Sejak diberlakukan PPKM akibat pandemi Covid-19 lalu, Kelenteng Boen Bio tidak menggelar acara yang menimbulkan keramaian.

“Barongsai kembali diadakan mengingat PPKM telah dicabut,” kata Humas Klenteng Boen Bio, Liem Tiong Yang saat ditemui, Selasa (17/1).

Dia menjelaskan barongsai, menurut mitologi masyarakat Tionghoa, punya tugas secara spirit agama, yaitu membersihkan dari hal-hal negatif.

“Energi negatif itu kemudian bisa dinetralisasi oleh suara khas barongsai sehingga harapannya ada energi-energi positif yang ada di dalam diri,” ucapnya.

Selain perayaan barongsai, Kelenteng Boen Bio juga tidak melakukan pembatasan jemaah untuk melakukan doa.

“Jadi, tidak ada pembatasan. Bisa full sesuai dengan kapasitas klenteng, yaitu 200-300 orang,” tuturnya.

Pada tahun ini, Kelenteng Boen Bio juga melakukan kimsin atau pencucian patung (rupang) yang dilakukan seminggu sebelum perayaan Tahun Baru Imlek.

Kelenteng Boen Bio Surabaya bakal mengadakan kembali perayaan Barongsai saat Tahun Baru Imlek 2022.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News