Tanah Ambles, Gedung Madrasah Nahdlatul Waton di Sampang Nyaris Roboh

Kamis, 05 Januari 2023 – 12:42 WIB
Tanah Ambles, Gedung Madrasah Nahdlatul Waton di Sampang Nyaris Roboh - JPNN.com Jatim
Tim BPBD Pemkab Sampang meninjau tanah ambles di sekitar gedung Madrasah Nahdaltul Waton, Desa Pelanggaran Barat, Kecamatan Banyuates, Sampang, Jawa Timur, Rabu (4/1/2023). (ANTARA/HO-BPBD Sampang)

jatim.jpnn.com, SAMPANG - Gedung sekolah Madrasah Nahdlatul Waton di Dusun Seddang, Desa Planggaran Barat, Banyuates, Sampang nyaris roboh akibat tanah ambles di lahan yang ditempati bangunan tersebut.

Kalaksa BPBD Sampang Asroni mengatakan tanah ambles tersebut bersamaan dengan banjir yang melanda wilayah setempat. Saat ini pihaknya sedang melakukan penyelidikan.

"Tim kami sudah datang ke lokasi mengumpulkan data dan melakukan serap informasi dengan pengurus madrasah," kata Asroni, Rabu (4/1) malam.

Awalnya tanah yang ambles hanya satu meter. Namun tak berselang lama meluas menjadi tiga meter. Saat ini, gedung sekolah dengan 12 ruangan yang terdiri dari dua lantai itu miring. Kegiatan belajar mengajar terpaksa dihentikan.

"Hasil pengumpulan data awal tim kami utus melihat langsung ke lapangan menyebutkan, bahwa tanah yang ditempati bangunan madrasah tersebut memang merupakan tanah bergerak," ungkapnya.

Pergerakan tanah masih terjadi dan apabila hujan kembali turun maka madrasah yang berdiri di atas tanah ambles berpotensi roboh.

"Karena itu, tim BPBD Sampang menyarankan, agar sebaiknya madrasah tersebut tidak ditempati alias dikosongkan," tuturnya.

Pihaknya juga meminta kepada guru dan kepala sekolah serta pengurus Yayasan Attadamunul Islam yang menaungi Madrasah Nahdlatul Waton memasang tali sebagai pertanda agar murid dan warga tak mendekat ke lokasi.

Gedung sekolah Madrasah Nahdlatul Waton di Sampang nyaris roboh akibat tanah ambles di wilayah tersebut.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News