Gunung Semeru Turun Status Menjadi Siaga

Sabtu, 10 Desember 2022 – 09:32 WIB
Gunung Semeru Turun Status Menjadi Siaga - JPNN.com Jatim
Aktivitas Gunung Semeru yang terpantau dari Pos Pengamatan Gunung Semeru di Gunung Sawur, Kabupaten Lumajang, Minggu (4/12/2022). (ANTARA/HO-PVMBG)

jatim.jpnn.com, LUMAJANG - Gunung Semeru di awal Bulan Desember 2022 mengalami peningkatan aktivitas dengan meluncurkan awan panas sepanjang sebelas kilometer. 

Namun sejak Jumat, (9/12) kondisinya sudah mulai stabil kembali dengan adanya penurunan status menjadi Level III (siaga).

Hal tersebut dibenarkan oleh Kepala Pelaksana BPBD Lumajang Patria Dwi Hastiadi ketika dikonfirmasi bahwa gunung tertinggi di Pulau Jawa itu mulai berangsur membaik.

"Walaupun aktivitas vulkanik kegempaan beberapa kali terekam, tetapi potensi terjadi APG yang lebih besar masih memerlukan akumulasi waktu cukup lama. Jadi, pertimbanganya mungkin penurunan status level awas ke siaga," kata Patria

Dia menyebut pertimbangan itu dari PVMBG melalui pemantauan visual lewat satelit dan aktivitas kegempaan.

"Aktivitas kegempaan Gunung Semeru akan ditinjau kembali jika terdapat kemunculan gempa-gempa tektonik," ujarnya.

Pihak pemerintah sudah memberikan imbauan kepada masyarakat untuk tidak melakukan kegiatan aktivitas di sekitar lereng, khususnya arah tenggara sepanjang di sungai Dusun Curah Kobokan.

"Tidak hanya itu, di daerah Kali Lanang dan 13 kilometer lainnya," jelasnya. (mcr26/jpnn)

Gunung Semeru turun status dari awas ke siaga karena berdasarkan pemantauan visual sudah mulai stabil.

Redaktur : Arry Dwi Saputra
Reporter : Ridho Abdullah Akbar

Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News