Warga Terdampak Erupsi Semeru Berharap Dapat Hunian Tetap

Selasa, 06 Desember 2022 – 13:15 WIB
Warga Terdampak Erupsi Semeru Berharap Dapat Hunian Tetap - JPNN.com Jatim
Salah satu pengungsi di posko pengungsian di Desa Penanggal, Kecamatan Candipuro, Lumajang, Jawa Timur, Selasa (6/12/2022). (ANTARA/Willi Irawan)

jatim.jpnn.com, LUMAJANG - Ketersediaan hunian tetap (huntap) sangat diharap-harapkan warga Dusun Kajar Kuning, Desa Sumberwuluh, Kec. Candipuro, Lumajang menyusul kembali meletusnya Gunung Semeru pada Minggu (4/12) dini hari.

Sejumlah warga yang ditemui di posko pengungsian Desa Penanggal mengaku mereka telh didata pihak desa.

"Tadi malam, sudah didata untuk huntap tersebut. Semoga kami segera mendapatkan agar bisa pindah," kata Musdalifah, salah satu pengungsi.

Dia mengungkapkan sejak letusan Gunung Semeru tahun lalu, pemerintah sudah menawarkan kepada warga dusun untuk pindah ke hunian tetap.

Hanya saja, dia dan warga lain masih berpikir ulang untuk pindah. Mereka beranggapan bahwa rumah mereka masih aman dari terjangan awan panas guguran (APG) Semeru.

"Tetapi sekarang repot karena lebih besar. Mendekati rumah. Jalurnya (APG) tidak ikut jalur yang pertama," ujarnya.

"Dahulu kami masih berani tapi sekarang melihat saja sudah ciut kami," imbuhnya.

Gunung Semeru mengeluarkan awan panas guguran dengan jangkauan sejauh tujuh kilometer pada Minggu (4/12) sekitar pukul 02.46 WIB.

Sejak letusan Gunung Semeru tahun lalu, pemerintah sebenarnya sudah menawarkan kepada warga dusun untuk pindah ke hunian tetap.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News