Hujan Deras Berjam-jam, Ratusan Rumah di Jember Terendam Banjir

Selasa, 29 November 2022 – 17:00 WIB
Hujan Deras Berjam-jam, Ratusan Rumah di Jember Terendam Banjir - JPNN.com Jatim
Banjir luapan sungai yang menerjang permukiman rumah warga di Jember, Senin (28/11/2022) petang. (ANTARA/HO-BPBD Jember)

jatim.jpnn.com, JEMBER - Hujan deras yang mengguyur selama beberapa jam di Kabupaten Jember membuat air sungai meluap ke permukiman warga pada Senin (28/11) petang. Akibat hal itu, ratusan rumah warga di dua kecamatan terendam banjir.

"Hujan intensitas sedang hingga lebat menyebabkan debit air Sungai Semangir dan Sungai Dinoyo meningkat sehingga tak dapat menampung dan meluber ke permukiman warga," kata Sekretaris BPBD Jember Heru Widagdo.

Banjir luapan sungai itu, kata Heru, terjadi di Kecamatan Rambipuji dan Kaliwates dengan total yang terendam sebanyak 192 rumah dan satu musala Al-Ikhlas.

"Ada enam titik lokasi banjir luapan yang terjadi di Kecamatan Kaliwates dan Rambipuji. Namun, tidak ada korban jiwa dalam bencana tersebut," tuturnya.

Banjir yang melanda Kecamatan Rambipuji terletak di dua desa, yakni Rambigundam dan Rambipuji, sedangkan di Kecamatan Kaliwates terjadi di Kelurahan Sempusari dan Mangli.

"Di Kecamatan Rambipuji terdapat 117 kepala keluarga (KK) yang terdampak banjir, sedangkan di Kecamatan Kaliwates tercatat sebanyak 75 rumah dan satu musala yang tergenang banjir," katanya.

Heru mengatakan pihaknya telah mengirimkan bantuan logistik dan mendirikan dapur mandiri di lokasi Dusun Satreyan, Desa Rambigundam dan Dusun Krajan di Desa Rambipuji.

Dia mengimbau kepada masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan ketika hujan lebat disertai petir dan tidak panik.

Ratusan rumah permukiman warga di Kabupaten Jember terendam banjir akibat air sungai meluap dari hujan yang mengguyur selama beberapa jam.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News