SIER Terlibat Penyelamatan 7.700 Terumbu Karang di Pantai Pasir Putih

Sabtu, 12 November 2022 – 23:41 WIB
SIER Terlibat Penyelamatan 7.700 Terumbu Karang di Pantai Pasir Putih - JPNN.com Jatim
Direktur Utama PT SIER Didik Prasetiyono turut dalam penyelaman untuk adopsi 7.700 terumbu karang di Pantai Pasir Putih, Situbondo bersama 80 penyelam profesional yang tergabung dalam POSSI Jatim, Sabtu (12/11). Foto: Dok. PT SIER

jatim.jpnn.com, SITUBONDO - Dalam peringatan hari jadi ke-77 Provinsi Jatim sekaligus HUT ke-50 IKA Unair, PT SIER mengadopsi sebanyak 7.700 terumbu karang di Pantai Pasir Putih Situbondo, Sabtu (12/11).

Dirut PT SIER Didik Prasetiyono ikut dalam penyelaman bersama 80 penyelam profesional yang tergabung dalam Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI) Jatim.

Ketua Pelaksana Revi Adiana Silawati mengatakan salah satu upaya memperbaiki terumbu karang rusak dengan transplantasi dan adopsi yang dilakukan POSSI Jatim berkolaborasi dengan Dinas kelautan dan Perikanan Jatim dan stakeholder lainnya.

"Penyelenggaraan adopsi terumbu karang merupakan upaya untuk menjaga kelestarian ekosistem laut dan sebagai bentuk merayakan kegiatan HUT ke-77 Provinsi Jatim dan HUT ke-50 IKA Unair," ujar Revi.

Revi mengatakan adopsi terumbu karang dilakukan karena jika hanya menanam, tetapi tak merawatnya maka satu sampai dua bulan tidak akan tumbuh.

"Makanya Desember nanti, kami akan melakukan perawatan. Kalau ada komunitas ingin melakukan perawatan terumbu karang, kami akan senang hati menerimanya," katanya.

Sementara itu, Kepala Unit Tanggung Jawab Sosial Lingkungan PT SIER Luluk Latifah Kurnia Dewi menambahkan dukungan itu sekarang dengan visi misi perusahaannya yang menjadi kawasan industri modern terintegrasi dan ramah lingkungan.

"Kami berharap ekosistem laut ini dapat memperbaiki terumbu karang yang rusak agar menjadi destinasi wisata snorkeling dan diving sehingga bisa menarik wisatawan. Ujungnya akan mendorong pertumbuhan ekonomi,” tuturnya.

Terpisah, instruktur selam pemegang lisensi SSI PADI Sudarmoko ingin adopsi terumbu karang tak berhenti setelah ditanam, tetapi harus ada tindak lanjutnya.

Menurutnya, setelah penanaman harus dimonitoring secara berkala dan dilakukan kajian secara ilmiah terkait keberlangsungan hidupnya.

"Harapan saya, kegiatan positif ini harus ada keberlanjutannya secara berkala dan dimonitoring. Contohnya, di Bangsring Banyuwangi ada konservasi yang berhasil dan itu perlu direplikasi di berbagai tempat," bebernya.

PT SIER terlibat dalam adopsi ribuan terumbu karang di Pantai Pasir Putih Situbondo dalam peringatan HUT IKA Unair dan HUT Provinsi Jatim.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News